APLIKASI DAPODIK VERSI 3.3.0 TAHUN 2018 DENGAN PERUBAHANNYA TERBARU

Jumat, 24 Agustus 2018

PAUD-anakbermainbelajar----Tahun Pelajaran 2018/2019 telah dimulai dengan program baru dan peserta didik yang baru, maka dimulainya juga entry data pada Pendataan Pokok Pendidikan atau lebih dikenal dengan “DAPODIK” yang baru pula. Untuk Satuan Pendidikan Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini telah diterapkan juga pendataan melalui Aplikasi Dapodik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Situs Portal Resmi Kemendikbud

Aplikasi DAPODIK yang dapat diakses melalui situs resmi dari Portal Kemendikbud Portal Resmi Data Pokok Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ini, Di Awal Tahun Pelajaran 2018/2019 Aplikasi Dapodik PAUD telah di dillis Versi Terbaru yaitu Versi 3.3.0 2018 dengan adanya beberapa perubahan fitur nya yaitu antara lain :

1.  [Pembaruan] Mengaktifkan Regestrasi Offline
2.  [Pembaruan] Mengaktifkan Sinkronisasi Offline
3.  [Pembaruan] Menghilangkan tombol tambah PTK
4.  [Pembaruan] Menon-aktifkan fitur penugasan, untuk diinput di Manajemen 
    Dapodik
5.  [Pembaruan] Menon-aktifkan beberapa inputan di PTK untuk diinput di 
    Manajemen Dapodik
6.  [Perbaikan] Isian layanan di Rombongan Belajar (Rombel) default terisi

Dalam versi ini perubahan terjadi pada GTK atau PTK dimana untuk mengeluarkan atau merubah GTK/PTK tertentu harus melalui admin operator di Di di Dinas Pendidikan Masing-masing.

Secara umum perubahan yang terdapat pada versi ini adalah sebagai berikut :
  1. Kode Registrasi PAUD diubah menjadi kode registrasi sepanjang 36 karakter.
  2. Satuan Pendidikan PAUD diberikan pilihan menggunakan aplikasi Dapodik Offline dan Online, sesuai dengan kemampuan jaringan di daerah masing-masing.
  3. Manajemen PTK (Penambahan, Penugasan PTK, Mutasi PTK) tidak lagi dilakukan oleh Satuan Pendidikan tetapi dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
  4. Aplikasi Dapodik Offline (PAUD) dapat menggunakan username dan password Dapodik yang sama dengan tahun ajaran lalu, tetapi menggunakan kode registrasi 36 karakter.

Selain menghubungi Dinas Pendidikan, Satuan Pendidikan/Lembaga dapat mengetahui kode registrasi baru dengan login ke manajemen menggunakan akun Dapodik tahun ajaran lalu.

Tentang pembaruan pada pengaktifan “REGESTRASI OFFLINE’ & “SINKRONISASI OFFLINE” ini dilakukan secara offline baik Regestrasi maupun Sinkronisasi yaitu dengan mengirimkan file backup untuk di upload melalui bantuan dinas setempat atau melalui link manajemenpaud-dikmas. Metode ini dilakukan dengan cara mendaftarkan data pengguna/operator lembaga melalui manajemenpaud-dikmas, kemudian mendownload file prefill yang akan digunakan untuk regestrasi offline di Aplikasi Dapodik PAUD.

(namun sebagai catatan : untuk Regestrasi dan Sinkronisasi offline ini hanya diberlakukan untuk beberapa wilayah yang sudah ditentukan oleh Ditjen PAUD-Dikmas KemdikbudUntuk wilayah selain yang sudah ditentukan, supaya tetap menggunakan metode sinkronisasi online).

Demikian tentang Aplikasi Dapodik versi terbaru 3.3.0 tahun 2018 dengan perubahannya, semoga bermanfaat. terimakasih.

Update Aplikasi Dapodik versi terbaru 3.3.1 tahun 2018 di sini !!https://drive.google.com/file/d/1yV5C5EBtQ_z3QbNNizDbiI3abyRYif-j/view



09.02.00

0 komentar: