PEDOMAN DAN TEMA PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2016

Kamis, 28 April 2016

Hari Pendidikan Nasional 2016
PAUD-AnakBermainBelajar---Peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) tahun 2016 dilaksanakan dengan beberapa kegiatan. Berdasarkan Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 dari Kementerian Pendidikan Nasional. Maka ada beberapa hal penting yang dilakukan untuk Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 ini, seperti beikut ini :

Dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2016, dengan hormat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :

1. Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016  diperingati selama satu bulan penuh pada bulan Mei sebagai bulan Pendidikan dengan konsep gerakan bersama yang melibatkan semua unsur masyarakat dengan tema pokok “Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita”.
http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.co.id/
2. Rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 diawali dengan pelaksanaan upacara bendera secara serentak pada hari Senin, 2 Mei 2016 pukul 08.00 waktu setempat di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Agama, Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, pemerintah daerah, seluruh unit pelaksana teknis Kementrian Pendidikan dan kebudayaan, dan seluruh institusi penyelenggara pendidikan di Indonesia yang akan diatur lebih lanjut dalam pedoman pelaksanaan upacara bendera.

3. Peringatan Hari Pendidikan Nasional disemarakan dengan kegiatan-kegiatan yang dirancang dalam tema yang berbeda di setiap minggunya selama bulan Mei. Adapun tema-tema setiap minggunya adalah sebagai berikut:

Minggu ke-1  
Sub Tema                : “Kembali ke Sekolah
Contoh Kegiatan    :   1. Profesi Kembali ke Sekolah
                                     2.  Muliakan Guru
                                     3.  Bantu Sekolah

Minggu ke-2
Sub Tema                : “Ekspresi Merdeka”
Contoh Kegiatan    :   1. Tunjukan Ekspresi Merdekamu
                                     2.  Buah Pendidikan dan Kebudayaan
                                     3.  Pahlawan Pendidikan dan Kebudayaan

Minggu ke-3
Sub Tema                : “Anak adalah Bintang
Contoh Kegiatan    :   1. Karya Anak
                                     2.  Suara Anak
                                     3.  Petualangan Anak

Minggu ke-4  
Sub Tema                : “Semua murid, Semua Guru
Contoh Kegiatan    :   1. Semua Murid, Semua Guru
                                     2.  Gotong Royong untuk Pendidikan dan Kebudayaan.
http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.co.id/
4. Puncak rangkaian  peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 dilaksanakan pada hari Minggu, 29 Mei 2016 di Jakarta dengan melibatkan para komunitas pegiat pendidikan dan masyarakat.

5. Untuk lebih memupuk rasa patriotisme, selain mengadakan upacara bendera, panitia nasional peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 akan melakuka ziarah ke makam Ki Hadjar Dewantara di Yogyakarta. Berkenaan dengan itu dihimbau kiranya Gubernur dan Bupati/Walikota juga berkenan melakukan ziarah ke taman makam pahlawan di wilayah masing-masing.

6. Agar lebih memaknai Peringatan Hari Pendidikan Nasional, dihimbau kepada masing-masing institusi untuk melaksanakan kegiatan yang mendukung peningkatan mutu pendidikan sesuai dengan semangat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 ini dan untuk menyemarakannya diharapkan masing-masing institusi memasang sepanduk dengan tema tersebut di atas.  
http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.co.id/
Demikian Tentang
Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016, dari Kementerian Pendidikan Nasional. Agar setiap lembaga pendidikan khususnya lembaga PAUD dapat melaksanakan sesuai dengan lembaganya. terimakasih.



21.29.00

0 komentar: