PAUD-TK DENGAN GREEN EDUCATION

Rabu, 06 Mei 2015


PAUD-Anakbermainbelajar----PAUD dan TK dengan Green Education (Pendidikan kembali Ke alam hijau bagi anak usia dini). Konsep dasar dari pemikiran ini adalah Kembali ke alam hijau bukan semata-mata domain orang dewasa yang jenuh akan kerusakan lingkungan. anak-anakpun sebaiknya sudah diakrabkan dengan alam sejak dini. Hal ini dapat menjadi landasan PAUD dan Taman Kanak-kanak untuk mengembangkan dan mengusung konsep green education (pendidikan alam) dalam program pembelajarannya.

Dalam PAUD Green Education, Sebuah lembaga PAUD dapat memanfaatkan alam terbuka yang masih asri di lingkungan sekitarnya untuk kegiatan bermain sambil belajar. Anak-anak dapat bermain di tengah alam untuk bisa mencintai alam sekitarnya. Salah satu tujuannya adalah membuat anak didik akrab dengan alam. 

Kegiatan yang dapat dilakukan berkaitan dengan pengolahan lingkungan alam tersebut, antara lain anak dapat diajak menanam tanaman, menebar benih tanaman, menjaga tanaman, memanen, membersihkan alam dan lingkungan dari kotoran dan sampah yang merusak keindahan kelestarian alam sekitar. 

Pembelajaran menanam, merawat tanaman di PAUD
Kegiatan Green Education di PAUD

Dengan kegiatan pembelajaran berbasis Green Education ini anak dapat belajar bertanggung jawab terhadap tanaman yang ditanamnya sendiri. Merekapun akan belajar mandiri dan jujur dalam merawat tanaman tersebut. Dengan demikian, anak dididik dapat memiliki kemampuan dan sifat kepemimpinan serta kerjasama tim. Lebih jauh lagi hal ini akan membentuk karakter yang baik bagi anak, terutama nilai-nilai cinta alam dan mensyukuri atas nikmat yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa.



12.33.00

0 komentar: