TIPS SEDERHANA MERAWAT PAYUDARA SETELAH MELAHIRKAN

Rabu, 26 November 2014

Bunda--setelah melahirkan, perawatan payudara sangat diperlukan. Hal ini selain untuk kesehatan ibu dan bayi juga untuk membantu memperlancar pengeluaran asi, melakukan perawatan ini sedini mungkin setelah melahirkan selama 1-2 hari. Adapun bahan-bahan yang harus dipersiapkan seperti minyak kelapa atau air dapat diganti dengan baby oil, gelas, air hangat, dan air dingin di dalam baskom kecil, handuk yang bersih, kapas, dan handuk kecil untuk kompres.

Setelah bahan dan perlengkapan seperti di atas sudah dipersiapkan maka dapat dilakukan cara sebagai berikut : Kompres puting susu dengan kapas yang dibasahi minyak atau baby oil beberapa menit. Setelah itu ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan, yang pertama,: licinkan kedua tangan dengan minyak, yang kedua: tempatkan kedua tangan di antara payudara, yang ketiga: pengurutan dimulai ke arah atas, lalu telapak tangan kiri kearah sisi kiri dan telapak kanan kearah sisi kanan, lakukan metode ini kebawah dan ke samping. Ulangi masing-masing 15-25 gerakan untuk tiap-tiap payudara. Setelah itu pijat punging suus hingga keluar cairan asi, kemudian kompres dua payudara dengan handuk kecil selama 2 menit, lalu ganti dengan kompres air dingin selama 2 menit jug dan yang terakhir kompres kembali dengan air hang-at selama 2 menit.

Demikianlah bunda cara dan tips sederhana merawat payudara setelah melahirkan, semoga bermanfaat. terimakasih sudah berkunjung di blog ini. wassalam



23.15.00

0 komentar: