PAUD ITU INVESTASI MASA DEPAN HASILNYA 10 - 15 TAHUN AKAN DATANG

Jumat, 15 Agustus 2014

PAUD-Anakbermainbelajar---Seperti yang kita ketahui bahwa PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) itu bertujuan membangun landasan bagi perkembangan potensi anak agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kritis, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Melalui PAUD, anak diharapkan dapat mengembangkan segenap potensi yang dimilikinya antara lain: agama, kognitif, sosial, emosional, bahasa, motorik kasar dan motorik halus, serta kemandirian; memiliki dasar-dasar yang lurus sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya, memiliki kebiasaan-kebiasaan perilaku yang diharapkan, menguasai sejumlah pengetahuan dan keterampilan dasar sesuai dengan kebutuhan dan tingkat perkembangannya, serta memiliki motivasi dan sikap belajar yang positif.

Sejalan dengan pernyataan di atas, tujuan PAUD adalah untuk mengembangkan seluruh potensi anak (the whole child) agar kelak dapat berfungsi sebagai manusia yang utuh sesuai dengan falsafah suatu bangsa. Anak dapat dipandang sebagai individu yang baru mengenal dunia. Ia belum mengetahui tata krama, sopan santun, aturan, norma, etika, dan berbagai hal tentang dunia. Ia juga sedang belajar berkomunikasi dengan orang lain dan belajar memahami orang lain. Anak perlu dibimbing agar mampu memahami berbagai hal tentang dunia dan isinya. Ia juga perlu dibimbing agar memahami berbagai fenomena alam dan dapat melakukan keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan untuk hidup di masyarakat.

Karenanya berbicara tentang pendidikan anak usia dini, tidak akan mengena jika dibicarakan tentang kepentingan ekonomi saat ini, membicarakan PAUD Pendidikan anak Usia dini adalah membicarakan sebagai investasi masa depan bangsa. Menanam modal untuk PAUD adalah laksana berinvestasi dengan menanam Pohon jati, yang hasilnya hanya dapat kita rasakan dan nikmati 10 hingga 15 tahun yang akan datang.



20.36.00

0 komentar: