CARA SEDERHANA MELATIH KEMAMPUAN BERBICARA ANAK

Selasa, 10 Juni 2014

Bunda, sebelum anak bisa membaca, anak harus tahu dan menggunakan perbendaharaan kata-kata dasar yang baik. Mereka hanya dapat memahami kata-kata yang mereka lihat tercetak jika mereka telah menemui kata-kata tersebut dalam pembicaraan. Cara terbaik untuk mendorong perkembangan bahasa anak adalah menyisihkan waktu untuk berbicara dengan mereka. Doronglah mereka untuk mengungkapkan pendapat, melontarkan pertanyaan dan mengambil keputusan.

Ada beberapa metode dan cara yang dapat digunakan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan berbicara pada anak, antara lain :

1. Bermain Fantasi

Bermain fantasi ini adalah permainan yang melibatkan anak-anak membayangkan diri dalam peran atau situasi adalah permainan fantasi. Permainan ini dapat menggunakan media visual, diantaranya adalah :

a. Bermain boneka
b. Benda Asesoris untuk permainan “Berdandan”
c. Permainan “kotak karton”.

2. Permainan deskriptif

Untuk melatih anak murid berbicara dapat dilakukan permainan Deskriftif yaitu permainan yang menuntut anak-anak untuk menguraikan benda mendorong mereka untuk mencari-cari kata-kata dan membantu mereka berbicara dan berfikir dengan lebih jelas. 

Contoh permainan Deskriptif dengan berbagai macam indra visual yang dapat dilakukan dalam kegiatan melatih kemampuan bicara anak:

a. Kotak Raba
b. Pemberian gambar
c. Permainan hubungan.

Demikian Artikel "Cara melatih kemampuan berbicara anak dengan Sederhana" yang dapat ayah-bunda dan pendidik praktikan di rumah atau di sekolah, semoga artikel ini bermanfaat. Salam sukses.

Sumber: http://anakkusehatceria.blogspot.com/



22.45.00

0 komentar: