TINJAUAN RELIGI TENTANG PENTINGNYA PAUD

Minggu, 26 Juli 2015

Di Indonesia yang berBhenika Tunggal Ika ini memiliki kemajemukan yang luas termasuk dalam pandangan agama dan keyakinannya yang berbeda-beda. Indonesia sangat menghargai pandangan agama yang dianut warga negaranya. Di Indonesia kehidupan beragama merupakan azasi dan kebutuhan dasar. Setiap tindakan dan perilaku banyak dilandaskan pada ajaran agama yang diakui di Indonesia. Secara definitif terdapat enam keyakinan agama yang tersebar di Indonesia, yaitu Islam, Kristen, Khatolik, Hindu, Budha dan Konfusius.

Meskipun secara keyakinan terdapat keragaman, namun setiap agama yang ada di Indonesia memiliki keselarasan dalam cara memandang pendidikan anak. Pertama setiap agama pada dasarnya mengedepankan pentingnya generasi terbaik (umat) yang dapat menjalani hidup secara berkualitas dan diberi amanah untuk mengelola dunia atau pembangunan (rahmatan lil alamin), Kedua setiap agama mengajak dan menganjurkan agar penyiapan generasi dilakukan sedini mungkin, dibekali dengan kemampuan yang lengkap (utuh) serta difasilitasi dengan rasa tanggung jawab dan kasih sayang tulus, dan ketiga agama memang mewajibkan pendidikan keimanan dan akhlak mulia sebagai landasan pendidikan pertama dan utama kepada setiap anak.

Karena itu dalam kegiatan program PAUD yang juga berbasis karakter mengedepankan pembelajaran yang mengusung nilai-nilai kegamaan, sebagai suatu upaya untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang sangat baik kepada anak sejak usia dini.

Sumber: Buku Kerangka Besar Pembangunan PAUD Indonesia Periode 2011-2015 Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal, dan Informal, Kementrian Pendidikan Nasional 2011.



20.30.00

0 komentar: