INILAH MAKNA KESENYAPAN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PAUD

Rabu, 27 Mei 2015

Bunda--Tidak selamanya kegiatan pembelajaran untuk Anak PAUD itu Berkarakteristik kegaduhan, untuk mendukung belajar anak, guru terkadang tidak harus berteriak-bersuara nyaring memberi instruksi pada anak. Guru pendidik PAUD perlu juga hemat energi. Ibarat hembusan angin kadang bertiup kencang, kadang lembut dan sepoi-sepoi membelai dengan lembut, ada irama dan rima dinamis yang penuh dengan ornamen yang menarik bagi anak usia dini. Sunyi dan hening itu indah kata sebagian orang, dalam kesunyian dan kesenyapan kita dapat mengajarkan anak-anak nilai-nilai kehangatan dan penghargaan yang sangat baik untuk perkembangan dalam proses belajar dan bermain anak didik. 

Secara umum, dalam makna sederhana, kesenyapan merupakan salah satu cara untuk mendukung anak-anak belajar. Saat-saat tenang dapat menjadi suatu strategi mengajar yang efektif terutama ketika anak-anak sedang asik melakukan kegiatan yang disukainya. Terkadang pendidik PAUD tidak perlu bersuara, memberikan komentar, karena akan mengganggu konsentrasi anak. Dalam situasi tertentu kadang-kadang banyak guru yang menjawab pertanyaan sendiri, atau cepat mengalihkan pertanyaan dari anak yang satu kepada anak yang lainnya, ketika anak yang diberi pertanyaan itu agak lama memberikan jawaban. Anak-anak pada umumnya memerlukan waktu paling cepat 3-5 detik untuk memproses apa yang akan dikatakan dan untuk merumuskan sebuah jawaban. Dengan demikian sebaiknya guru memberikan waktu kepada anak-anak untuk merumuskan jawabannya. ini merupakan penggunaan kesenyapan yang efektif. Kesenyapan merupakan suatu tanda kehangatan dan penghargaan yang ditujukan guru terhadap anak. Saat kesenyapan berjalan maka jiwa anak bergerak untuk melangkah maju dengan berani dan tabah. Mengekplorasi melalui indranya yang lain, sehingga anak dapat belajar Deepthinkking, dalam memahami eksistensinya sebagai manusia. Anak belajar dari dirinya dan lingkungannya secara lebih mendalam.

Demikian Bunda tentang kesenyapan dalam kegiatan pembelajar PAUD, semoga bermanfaat, kalo masih ada yang kurang, mohon dikoreksi dan diberikan masukan, terimakasih. Wassalam. 



23.47.00

0 komentar: