Home » Archives for Maret 2014
Pasang IKLAN PRODUK Anda Di sini. Iklan Murah 125 x 125
Paket Iklan yang Tersedia
Paket Sidebar
- Ukuran : 125 x125 Pixel
- Harga : Rp.20.000,-
- Durasi : Iklan dipasang selama 1 Bulan = 30 Hari
- Status Pemakaian : Tersedia
- Format : *.JPG, *.PNG, *.GIF
- Keterangan : Iklan akan dipasang di setiap halaman
- Ukuran : 300x250 Pixel
- Harga : Rp.30.000,-
- Durasi : Iklan dipasang selama 1 Bulan = 30 Hari
- Status Pemakaian : Tersedia
- Format : *.JPG, *.PNG, *.GIF
- Keterangan : Iklan akan dipasang di setiap halaman utama
Paket Artikel
- Ukuran : 300x250 Pixel
- Harga : Rp.50.000,-
- Durasi : Iklan dipasang selama 1 Bulan = 30 Hari
- Status Pemakaian : Tersedia
- Format : *.JPG, *.PNG, , *.GIF
- Keterangan : Iklan akan dipasang pada halaman setiap Posting artikel
- Ukuran : 728x90 Pixel
- Harga : Rp.80.000,-
- Durasi : Iklan dipasang selama 1 Bulan = 30 Hari
- Status Pemakaian : Tersedia
- Format : *.JPG, *.PNG, , *.GIF
- Keterangan : Iklan akan dipasang di Atas samping Header Blog ini dan ditampilkan diseluruh halaman (Not Random).
- Ukuran : 350x19 Pixel
- Harga : Rp.30.000,-
- Durasi : Iklan dipasang selama 1 Bulan = 30 Hari
- Status Pemakaian : Tersedia
- Format : *.JPG, *.PNG, , *.GIF
- Keterangan : Iklan akan dipasang footer Blog ini dan ditampilkan diseluruh Halaman (Not Random).
HUBUNGI KAMI DI NOMOR: 085754444649 / 085245882828
Suport By. BCA, Mandiri, BRI
Mohon maaf jika slot iklan belum ada terpasang karena belum ada permintaan untuk pemapasang iklan.
*Harga Paket Iklan sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuaan terlebih dahulu. Unknown 19.49.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
PASANG IKLAN PADA BLOG INI
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
19.49.00
Sajak kecil untuk ananda di PAUD Mentari Pagi
Burung-burung yang baru belajar terbang tadi pagi
baru belajar senyum dan membuka mata pada cakrawa dunia
dengan kepak sayap yang indah
tembang mengitari awan
merenda pelangi di sela-sela gerimis kecil
mematuki embun yang membasahi hati.
Burung-burung kecil yang baru terbang tadi pagi
menukik dicakrawala menembus mega
menarikan tarian indah
bersama nyanyian angin yang membawa
citra anak Indonesia sejati.
Cinta dan sayang bunda seperti mentari
yang menyinari alam, memberi kehangatan
sayap-sayap kecil yang berhias mutiara indah
putih berkilau belum ternoda.
Kepakanlah sayap mu
terbanglah tinggi wahai ananda tercinta
do'a bunda akan selalu menyertai
setiap langkah dalam perjalanan mu
menuju puncak cahaya.
Medio gerimis Pagi, Maret 2014
Gambar: Circle Time dan Imtag PAUD Rumah Belajar Senyum Banjarmasin. Unknown 21.59.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
Burung-burung yang baru belajar terbang tadi pagi
baru belajar senyum dan membuka mata pada cakrawa dunia
dengan kepak sayap yang indah
tembang mengitari awan
merenda pelangi di sela-sela gerimis kecil
mematuki embun yang membasahi hati.
Burung-burung kecil yang baru terbang tadi pagi
menukik dicakrawala menembus mega
menarikan tarian indah
bersama nyanyian angin yang membawa
citra anak Indonesia sejati.
Cinta dan sayang bunda seperti mentari
yang menyinari alam, memberi kehangatan
sayap-sayap kecil yang berhias mutiara indah
putih berkilau belum ternoda.
Kepakanlah sayap mu
terbanglah tinggi wahai ananda tercinta
do'a bunda akan selalu menyertai
setiap langkah dalam perjalanan mu
menuju puncak cahaya.
Medio gerimis Pagi, Maret 2014
Gambar: Circle Time dan Imtag PAUD Rumah Belajar Senyum Banjarmasin. Unknown 21.59.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
PUISI - BURUNG-BURUNG KECIL PAUD
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
21.59.00
Bunda-- banyak yang mengatakan bahwa menjadi seorang guru pendidik PAUD dan Taman Kanak-kanak itu sehat dan awet muda, ini sangat benar sekali, ternyata menjadi seorang guru pendidik PAUD bukan sekedar pengabdian yang tidak menguntungkan, salah satu keuntungan yang tidak langsung diterima adalah bunda menjadi sehat dan awet muda. Ini terjadi karena beragam aktivitas yang bersentuhan dengan anak memberikan dampak yang baik bagi bunda sendiri. Berikut alasan mengapa menjadi pendidik PAUD itu sehat dan awet muda yaitu :
1. Pendidik PAUD Sering Tersenyum untuk Anak-anak
Senyum menunjukkan kesehatan yang baik. Biasanya orang yang bugar akan terlihat segar dan bersemangat. Beberapa Penelitian menunjukan bahwa tersenyum dan Tertawa membantu seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, sehingga bunda yang selalu tersenyum tulus dan gembira pada anak-anak akan selalu berenergi dan membebaskannya dari serangan bibit penyakit.
2. Bernyanyi dan bermain seirama ritme jantung
Kegiatan di PAUD yang berupa Bernyanyi dan bermain seirama ritme jantung juga dapat melancarkan dan meningkatkan aliran darah. Ini membantu tubuh kita rileks dan membantu kita terbebas dari stres. Di sisi lain, stres dan kesedihan hanya akan menambah beban pikiran yang dapat menyebabkan serangan jantung, dengan bernyayi dan bermain secara sungguh-sungguh dengan anak, dapat menghidarkan diri dari beban stress dan penyakit serangan jantung tersebut.
3. Pendidik PAUD selalu senang hatinya
Yang menyenangkan adalah ketika melihat anak-anak yang lucu dan lugu dengan tatapan mata anak-anak yang penuh kebahagiaan dengan senyum khas di wajah mereka. Ketika kita bahagia, kita mengekspresikannya dengan tertawa atau tersenyum bersama anak-anak. Hal ini selain membuat keadaan psikis lebih santai, rileks dan hidup penuh kebahagiaan bersama anak-anak yang kita cintai.
4. Pendidik PAUD Rutin bergerak dan Berolahraga
Senyum menunjukkan kesehatan yang baik. Biasanya orang yang bugar akan terlihat segar dan bersemangat. Beberapa Penelitian menunjukan bahwa tersenyum dan Tertawa membantu seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, sehingga bunda yang selalu tersenyum tulus dan gembira pada anak-anak akan selalu berenergi dan membebaskannya dari serangan bibit penyakit.
2. Bernyanyi dan bermain seirama ritme jantung
Kegiatan di PAUD yang berupa Bernyanyi dan bermain seirama ritme jantung juga dapat melancarkan dan meningkatkan aliran darah. Ini membantu tubuh kita rileks dan membantu kita terbebas dari stres. Di sisi lain, stres dan kesedihan hanya akan menambah beban pikiran yang dapat menyebabkan serangan jantung, dengan bernyayi dan bermain secara sungguh-sungguh dengan anak, dapat menghidarkan diri dari beban stress dan penyakit serangan jantung tersebut.
3. Pendidik PAUD selalu senang hatinya
Yang menyenangkan adalah ketika melihat anak-anak yang lucu dan lugu dengan tatapan mata anak-anak yang penuh kebahagiaan dengan senyum khas di wajah mereka. Ketika kita bahagia, kita mengekspresikannya dengan tertawa atau tersenyum bersama anak-anak. Hal ini selain membuat keadaan psikis lebih santai, rileks dan hidup penuh kebahagiaan bersama anak-anak yang kita cintai.
4. Pendidik PAUD Rutin bergerak dan Berolahraga
Disadari atau tidak pendidik paud akan rajin berolahraga, karena harus mengajarkan dan mengikuti senam anak paling minimal 1 kali seminggu untuk anak-anak. Juga aktivitas di PAUD yang mengharuskan ibu guru aktif bergerak mengikuti anak-anak akan memberikan dampak olah raga yang berbentuk gerakan motorik fisik membakar kalori setiap hari. Gerakan yang terjadi selama mengikuti kegiatan bermain anak yang dapat berlangsung 30 sampai 60 menit. Selain baik bagi tubuh dan jantung, juga dapat merangsang sistem hiposis hipotalamus di otak yang mengeluarkan hormon anti aging yang kuat. Sehingga bunda menjadi tetap sehat dan vitalitas setiap saat.
Demikian bunda alasan mengapa menjadi guru atau pendidik PAUD itu bisa sehat dan awet muda, jadi tetap semangat ya bund, mendidik putra-putri kita yang membuat kita bisa selalu tertawa dan bahagia. terimakasih. semoga bermanfaat.
Demikian bunda alasan mengapa menjadi guru atau pendidik PAUD itu bisa sehat dan awet muda, jadi tetap semangat ya bund, mendidik putra-putri kita yang membuat kita bisa selalu tertawa dan bahagia. terimakasih. semoga bermanfaat.
Gambar: Our Special Moment Aku cinta Indonesia PAUD Rumah Belajar Senyum Banjarmasin.
Dari : http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/.... terimakasih sudah berkunjung, semoga sukses.
ALASAN MENJADI PENDIDIK PAUD ITU SEHAT DAN AWET MUDA
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
19.46.00
Binatang Ciptaan Allah
Jerapah-jerapah lehernya panjang
kulitnya belang-belang..ih lucu sekali
Jerapah-jerapah itu namanya
Jerapah-jerapah ciptaan Allah..
Jalannya lompat-lompat
telinganya panjang
kulitnya hitam putih..ih..lucu sekali
kelinci-kelinci itu namanya
kelinci-kelinci ciptaan Allah
Jalannya menggal-menggol
mulutnya panjang
bulunya putih bersih.. ih..lucu sekali
bebek wekwek - bebek wekwek itu namanya
bebek wekwek - bebek wekwek ciptaan Allah.
Lihat Nada dan Lagu pada Rekaman berikut !! ya bunda.
Download di sini!!
Unknown
15.10.00
PAUD Anakbermainbelajar
IndonesiaJerapah-jerapah lehernya panjang
kulitnya belang-belang..ih lucu sekali
Jerapah-jerapah itu namanya
Jerapah-jerapah ciptaan Allah..
Jalannya lompat-lompat
telinganya panjang
kulitnya hitam putih..ih..lucu sekali
kelinci-kelinci itu namanya
kelinci-kelinci ciptaan Allah
Jalannya menggal-menggol
mulutnya panjang
bulunya putih bersih.. ih..lucu sekali
bebek wekwek - bebek wekwek itu namanya
bebek wekwek - bebek wekwek ciptaan Allah.
Lihat Nada dan Lagu pada Rekaman berikut !! ya bunda.
LIRIK IRAMA DAN NADA LAGU TK BINATANG CIPTAAN ALLAH
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
15.10.00
PAUD-Anakbermainbelajar----Perawatan dan kebersihan anak usia dini merupakan kegiatan penting yang dilakukan untuk menjaga dan menjamin proses tumbuh kembang dan pembelajaran bisa berlangsung dengan dengan baik. Anak usia dini yang tidak bersih dan terawat akan cenderung mudah diserang kuman dan penyakit. Kenyataannya jika anak sakit maka akan mengganggu proses bermain, proses berpikir juga keceriaan anak usia dini. Berkenaan dengan mewujudkan anak usia dini yang sehat dan terawat tidak lepas dari kondisi pendidik/ pengasuh juga lingkungan dimana anak berada.
Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau. Di zaman modern, setelah Louis Pasteur menemukan proses penularan penyakit atau infeksi disebabkan oleh mikroba, kebersihan juga berarti bebas dari virus bakter patogen, dan bahan kimi berbahaya (Wikipedi.id).
Hal-hal yang perlu dijaga kebersihannya untuk anak usia dini di lembaga PAUD adalah :
- Kebersihan diri pengasuh/pendidik/tenaga pendidik
- Kebersihan lingkungan meliputi : kebersihan lingkungan luar dan dalam sekolah termasuk kebersihan udara dilingkungan sekolah
- Kebersihan sarana, prasarana dan alat permainan di sekolah
- Kebersihan diri anak usia dini sebagai perserta didik di lembaga PAUD.
Hal-hal yang meliputi perawatan dan kebersihan anak usia dini meliputi:
- Mandi
- Mencuci tangan
- Membersihkan kuku
- Membersihkan rambut
- Membersihkan mulut dan gigi
- Membersihkan telinga
- Toilet Training.
Dalam rangka membangun kemandirian anak untuk dapat merawat dan membersihkan diri setelah Buang Air Besar (BAB) dan Buang Air Kecil (BAK) maka pendidik perlu melakukan Toilet Training.
Salah satu kompetensi pendidik PAUD adalah keterampilan rapi, bersih dan sehat. Hal ini penting dilakukan sebelum pendidik melakukan perawatan dan kebersihan anak didiknya. Pengasuh atau pendidik harus memberi tauladan kepada anak didiknya karean anak akan meniru dan mencontoh apa yang dilakukan dan ditampilkan pendidik. Selain itu, pendidik adalah orang yang paling sering dan cukup lama berinteraksi dengan anak. Jika pendidik tidak bersih dan terawat maka pendidik dapat menjadi sumber kuman dan penyakit yang akan menular pada anak-anak didiknya.
Teknis dan pelaku perawatan dan kebersihan menyesuaikan umur dan kondisi anak. Pada bayi kegiatan tersebut dilakukan dengan bantuan pengasuh lalu secara bertahap anak diajarkan untuk melakukannya secara mandiri.
Adapun hal-hal yang dapat dilakukan dalam teknis dan pelaku perawatan dan kebersihan tersebut antara lain adalah:
1. Mandi
Pengertian :
Membersihkan badan dengan air, sabun mandi, dan bahan pendukung kebersihan lainnya.
Tujuan :
1. Membersihkan kotoran, lemak dan kotoran di kulit
2. Memberikan rasa nyaman dan segar
3. Merangsang peredaran darah, otot-otot dan saraf perifer
Cara Memandikan Anak Usia Dini yang benar
Kegiatan mandi anak usia dini disesuaikan dengan kondisi dan umur anak. Secara bertahap anak akan dibimbing untuk melakukan kegiatan mandi secara mandiri.
Berdasarkan kondisi anak usia dini, kegiatan mandi ini dapat dibagi beberapa tahapan sebagai berikut :
- Memandikan bayi yang masih sangat kecil
- Memandikan bayi yang sudah berumur beberapa bulan
- Memandikan anak yang sudah atau baru bisa berdiri.
Pada ulasan dan pembahasan ini, mengingat anak yang masuk ke lembaga PAUD umumnya berumur 3 - 6 bulan ke atas maka sebagaimana memandikan bayi yang masih kecil tidak dibahas pada artikel kali ini.
Memandikan bayi yang sudah berumur beberapa bulan :
a. Persiapan alat
- 1 bak mandi berisi air hangat-hangat kuku
- 1 baskom kecil berisi air hangat-hangat kuku
- Sabun bayi pada tempatnya
- Waslap 2 buah (1 untuk membasuh muka, membasuh kepala, badan dan menyabun, 1 untuk membesihkan busa)
- Handuk 2 buah
- Kapas minyak pada tempatnya
- Kapas lidi pada tempatnya
- Sisir bayi
- Pakaian bayi dan selimut
- Ember untuk tempat pakaian kotor
- Bengkok untuk tempat kotoran
b. Persiapa anak dan bayi
- Mengajak anak berbicara tentang kegiatan mandi yang menyenangkan sesekali menyanyi
- Menyiapkan kondisi dan posisi anak bayi
- Menjaga kehangatan bayi.
c. Pelaksanaan
- Alat-alat dibawa kedekat anak bayi (bak mandi di sebelah kanan pendidik/pengasuh perawat)
- Pendidik/pengasuh mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan perasat
- Perhatikan lingkungan bayi, jangan sampai kedinginan
- Mengatur tempat untuk memandikan sesuai dengan kebutuhan
- Buka selimut bayi
- Bersihkan mata dengan kapas air masak sekali pakai
- Bersihkan dengan kapas minyak (terutama daerah lipatan-lipatan)
- Sabun dengan waslap ke seluruh tubuh kecuali muka
- Bersihkan busa sabun dengan waslap basah dan dari tubuh bayi
- Masukan tubuh bayi ke dalam bak mandi, dengan cara tengkuk bayi berada di lengan kiri, bagian bawah ketiak bayi dengan ibu jari dan telunjuk, pantat bayi ditopang dengan tangan kanan.
- Basuh kepala, leher, ketiak dn lipatan-lipatan dan seluruh badan bayi sampai bersih (air jangan sampai masuk ke telinga)
- Bayi diangkat dan dibungkus dengan handuk dan keringkan, dari kepala. lipatan-lipatan tubuh dan seluruhnya.
- Pakaikan baju dan popok bayi, kemudian digendong
- Sisir rambut bayi perlahan
Memandikan Anak yang belum bisa berdiri sempurna
Persiapa alat mandi
- Bak wandi, sebaiknya yang warna warni
- Air hangat-hangat kuku atau dingin sesuai kebiasaan
- Air mengalir
- Sabun bayi
- Shampo bayi
- Bedak bayi
- Waslap
- Handuk kecil warna-warni dan tiap hari dicuci
- Sikat gigi : lunak
- Pasta gigi sesuai anak
- Minyak telon / kayu putih
- Sisir
Teknik Pelaksanaan
- Anak diajak berbincang-bincang tentang kegiatan mandi, tujuan mandi serta diinfokan bahwa anak tersebut akan dimandikan segera serta di komunikasikan tentang anak perlu belajar mandi sendiri.
- Kegiatan harus dilakukan dengan cara menyenangkan
- Jaga jangan sampai anak kedinginan
- Jangan biarkan anak terlalu lama berendam
- Ajak anak berbicara tentang tahapan mandi yang akan dilakukan untuk merangsang kemampuan bahasa.
- Mandikan anak dengan guyuran air pelan-pelan sehingga anak tidak terkejut
- Tubuh anak disabun, dibilas dengan gosokan lembut
- Dimasukan bak berikan kesenangan sebentar
- Ajak anak keluar keringkan dengan handuk, olesi minyak telon atau minyak kayu putih
- Pasangkan baju dan rambutnya di sisir.
Memandikan Anak yang sudah bisa berdiri sempurna
Sejak anak bisa berdiri sempurna, anak sudah bisa diajak dan diajarkan mandi sendiri. Penting untuk mengkomunikasikan beberap hal kepada anak sebelum anak diajak mandi
Adapun hal-hal yang bisa dikomunikasikan dan bicarakan pada anak antara lain:
Tujuan Mandi
- Akibat jika tidak mandi
- Berapa kali mandi dalam sehari
- Alat-alat mandi
- Cara mandi yang tepat, perlu disampaikan apa saja keinginan yang dilakukan sebelum, saat dan sesudah mandi
- Hal-hal yang dapat menyebabkan kecelakaan bagi anak saat kegiatan mandi.
Demikianlah ulasan singkat tentang Perawatan dan kebersihan anak usia dini di Lembaga PAUD semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung di blog PAUD_Anakbermainbelajar ini. Sukses selalu.
PERAWATAN DAN KEBERSIHAN ANAK USIA DINI DI LEMBAGA PAUD
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
23.39.00
Entah dari mana sumber utamanya, video tarian anak yang katanya berasal dari Jepang ini sudah menyebar dari orang ke orang dan dibanyak sumber dan ada banyak di internet, silakan saja cek di Youtube. Penulis sendiri mendapatkan video ini dari salah seorang narasumber ketika mengikuti pelatihan training of trainer TOT Pendidik dan pengelola PAUD di Pusat kemaren. Dalam video yang bedurasi kurang dari 2 menit ini, gerakan tarian yang dilakukan oleh dua orang anak animasi ini terlihat mudah dan sederhana, tetapi mempunyai dinamika yang indah dan menarik. Dengan ritme musik ceria yang sesekali ditingkahi bunyi suara kodok, sangat menarik dan bagus jika diputarkan di kelas-kelas PAUD karena akan selalu menarik perhatian anak. Anak-anak di PAUD selalu antusias jika melihat video ini, mereka akan berusaha menirukan gerakan tarian dalam video tersebut dan memang cocok untuk anak usia dini terutama anak-anak usia Taman Kanak-kanak. Simak saja videonya di bawah ini:
Tetapi tahukah bunda, gerakan-gerakan yang dapat ditiru anak-anak PAUD dalam video tersebut ternyata sangat bagus untuk perkembang anak karena mengandung unsur-unsur senam otak (brining gym) untuk anak usia dini. Seperti kita ketahui brining gym juga dibutuhkan oleh anak untuk membantu pertumbuhan otak dan kecerdasan anak.
Jadi ayo bunda ajarin anak-anak frogy dancenya...ya ..!!
Untuk mendapatkan video Frogy Dance silakan download di sini !!
Unknown
22.25.00
PAUD Anakbermainbelajar
IndonesiaFROGY DANCE TARIAN UNTUK SENAM OTAK ANAK
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
22.25.00
PAUD-Anakbermainbelajar----Dalam rangka mendukung tumbuh kembang anak, sangat perlu untuk merawat anak agar tetap sehat dan ceria. Kesehatan dan kebersihan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Kesehatan dan kebersihan anak menjadi acuan dan tolak ukur terhadap maksimalnya perawatan untuk perkembangan anak. Dasar hidup bersih dan sehat adalah dasar yang diharapkan menjadi perhatian dan diterapkan, sehingga menjadi kebiasaan pada anak usia dini.
Pengertian dan Definisi serta ciri-ciri Anak Usia Dini Sehat
WHO menyatakan definisi kesehatan adalah keadaan sempurna secara fisik, mental dan sosial, tidak hanya bebas dari penyakit dan kecacatan. Kesehatan secara sosial diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam hidup bersama di dalam suatu kelompok masyarakat (American Heritage College Dictionary, 1997 dalam Nies & McEwen, 2001).
Dengan demikian kesehatan dapat disimpulkan adalah keadaan yang sempurna baik secara fisik, mental, sosial dna spritual, tidak hanya bebas dari penyakit, kelelahan dan kecacatan yang memungkinkan seseorangu tnuk hidup secara produktif secara sosial dan ekonomi (UU No.23 Tahun 1992 ; American Hetitage College Dictionary, 1997 dalam Nies & McEwen, 2001 ; Sreevani, 2004).
Kesehatan anak berdasarkan indikator dari Depkes 2009, anak sehat memiliki kriteria yaitu :
1. Berat badan naik sesuai garis pertumbuhan mengikuti pita hijau pada kartu Menuju
2. Sehat (KMS), atau naik ke pita warna di atasnya
3. Anak bertambah tinggi
4. Kemampuan bertambah sesuai usia
5. Jarang sakit
6. Ceria, aktif, lincah
Soegeng Santoso dan Ranti (2004) juga mengungkapkan ciri-ciri anak sehat menurut Departemen Kesehatan RI tahun 2003, yaitu:
- Tumbuh dengan baik, dapat dilihat dari naiknya berat badan dan tinggi badan secara teratur dan proporsional
- Tingkat perkembangannya sesuai dengan tingkat umumnya
- Tampak aktif / gesit dan gembira
- Mata bersih dan bersinar
- Nafsu makan baik
- Bibir dan lidah tampak segar
- Pernafasan tidak bau
- Kulit dan rambut tampak bersih dan tidak kering
- Mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan
Ciri-ciri anak sehat dilihat dari berbagai segi, antara lain segi fisik, segi psikis, dan segi sosialisasi (Santoro dan Ranti, 2004):
- Dilihat dari segi fisik ditandai dengan sehatnya badan dan pertumbuhan jasmani yang normal
- Segi psikis, anak yang sehat jiwanya berkembang secara wajar, pikiran bertambah cerdas, dan perasaan bertambah peka.
- Dari segi sosialisasi, anak tampak aktif, gesit, dan gembira serta mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan.
Berbagai definisi tersebut maka ciri-ciri anak sehat dapat dikelompok menjadi 3 (Tiga) kelompok, yaitu:
1. Sehat secara fisik:
a. Berat badan tinggi badan normal sesuai standar pertumbuhan
b. Kemampuan bertambah sesuai usia
c. Jarang Sakit
d. Aktif / gesit dan gembira
e. Mata bersih dan bersinar
f. nafsu makan baik
g. Bibir dan lidah tampak segar
h. Pernafasan tidak berbau
i. Kulit dan rambut tampak bersih dan tidak kering
2. Sehat secara mental dan psikis
a. Perkembangan sesuai dengan tahap perkembangannya
b. Jiwa berkembang secara wajar
c. Pikiran bertambah cerdas
d. Perasaan bertambah peka
3. Sehat secara sosial
a. Ceria
b. Mudah menyesuaikan dengan lingkungannya
Layanan Dasar Kesehatan bagi Anak Usia Dini di Lembaga PAUD
Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mewujudkan anak sehat maka layanan dasar kesehatan bagi anak usia dini meliputi semua kegiatan prioritas yang dapat mewujudkan anak usia dini yag memiliki ciri anak sehat tersebut di atas. Beberapa layanan dasar kesehatan tersebut adalah sebagai berikut:
a. Menimbang anak minimal sekali sebulan (lihat penjelasan Bab Penilaian Status Gizi)
b. Mengukur tinggi badan anak minimal sekali sebulan
c. Memeriksa secara sederhana keadaan kuku, kulit, rambut, mata, mulut dan gigi
d. Mengupayakan anak usia dini mendapatkan imunisasi dasar
e. Memberikan layanan dasar kebersihan
f. Pemberian dan atau pendidikan gizi bagi anak usia dini
g. Pencegahan terhadap makanan yang tidak aman bagi kesehatan anak usia dini
h. Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah upaya untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat dengan membuka jalur komunikasi, memberikan informasi dan melakukan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku guna membantu masyarakat mengenali dan mengatasi masalahnya sendiri sehingga sadar, mau dan mampu mempraktekkan PHBS.
PHBS di sekolah adalah upaya untuk memberdayakan siswa, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu, mau dan mampu mempraktekan PHBS, dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat.
Indikator PHBS untuk anak usia dini
Beberapa indikator PHBS Individu anak usia dini meliputi:
a. Mandi 2 kali sehari pagi dan sore
b. Ganti pakaian sekali sehari
c. Menggosok gigi sebelum tidur dan sesudah makan
d. Mencuci tangan sebelum makan
e. Mencuci tangan setelah buang air besar
f. Mencuci tangan setelah bermain
g. Keramas 2 kali seminggu
h. Memakai alas kaki saat di jalan
i. Makan 3 kali sehari
j. Tidur 7-8 jam per hari ditempat yang layak
k. Olah raga 1/2 - 1 jam sehari.
l. Membuang sampah pada tempatnya
m.Menggunakan jamban dan air bersih
n. Mengkonsumsi jajanan sehat
o. Menimbang berat badan dan tinggi badan secara teratur
p. Memakan makanan yang memenuhi kecukupan gizi dan aman bagi kesehatannya.
Indikator tersebut di atas dapat dijadikan dasar oleh lembaga PAUD untuk merumuskan tujuan yang ingin dicapai pada anak usia dini. Kurikulum dan program juga evaluasi didasarkan pada pencapaian indikator tersebut.
Demikianlah bunda tentang layanan dasar kesehatan dan kebersihan anak PAUD, Semoga artikel singkat ini bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung kembali ke Blog PAUD_Anakbermainbelajar ini, semoga sukses selalu mendidik anak-anak tunas bangsa. Wassalam.
Sumber:
Dirangkum dan disarikan dari buku Bahan Ajar Diklat Berjenjang " Perawatan Gizi dan Kesehatan Anak Usia Dini". Direktorat Jenderal PAUD, Nonformal dan Informal, Jakarta, 2013
LAYANAN DASAR KESEHATAN DAN KEBERSIHAN ANAK PAUD
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
12.40.00
Mengapa ditulis judul di atas kita tunggu kurikulum 2014-2015, karena seperti yang sudah-sudah setelah pergantian suksesi pimpinan eksekutif dan legislatif kita maka akan terjadi peninjauan ulang terhadap kurikulum yang sedang dilaksanakan. Periode selanjutnya setelah pemilu bulan April 2014, akan ada jenjang rentang waktu hingga akhir tahun 2015 untuk melakukan peninjauan dan perubahan terhadap kurikulum PAUD kita. Peraturan pemerintah yang baru mungkin akan diterbitkan, atau mungkin masih menggunakan PP yang lama hingga akhir periode 5 tahun kepemimpinan eksekutif yang akan datang, kita tunggu saja.!
Kurikulum yang sekarang kita pakai yaitu yang mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 yang telah ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 7 Mei 2013, juga menyisipkan bab khusus tentang Kurikulum, yang diletakkan pada Bab XIA. Ada sejumlah pasal menyangkut Kurikulum yang disisipkan di antara Pasal 77 dan Pasal 78 Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 yaitu dari Pasal 77A hingga Pasal 77Q. Disebutkan dalam PP ini, bahwa Kerangka Dasar Kurikulum berisi landasan fisiologis, sosiologis, psikopedagogis, dan yuridis sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Kerangka Dasar Kurikulum ini digunakan sebagai: a.Acuan dalam Pengembangan Struktur Kurikulum tingkat nasional; b.Acuan dalam Pengembangan muatan lokal pada tingkat daerah; dan c.Pedoman dalam Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Struktur Kurikulum merupakan pengorganisasian Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, muatan Pembelajaran, mata pelajaran, dan beban belajar pada setiap satuan pendidikan dan program pendidikan,” bunyi Pasal 77B ayat (1) PP No. 32 Tahun 2013.
Menurut PP ini, Struktur Kurikulum PAUD formal berisi program Pengembangan pribadi anak; Struktur Kurikulum untuk satuan pendidikan dasar berisi muatan umum; untuk pendidikan menengah terdiri atas:
a. Muatan umum
b. Muatan peminatan akademik
c. Muatan peminatan kejuruan
d. Muatan pilihan lintas minat/pendalaman minat.
Muatan umum sebagaimana dimaksud terdiri atas muatan nasional untuk satuan pendidikan, dan muatan lokal untuk satuan pendidikan sesuai dengan potensi dan keunikan lokal,” bunyi Pasal 77B ayat (9) PP tersebut.
Struktur Kurikulum PAUD yang berjalan
PP ini menjelaskan, Struktur Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) formal berisi program-program Pengembangan nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni. Ketentuan lebih lanjut mengenai Struktur Kurikulum PAUD diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang ditelah ditetapkan menteri pendidikan terkait.
Kurikulum yang sekarang kita pakai yaitu yang mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 yang telah ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 7 Mei 2013, juga menyisipkan bab khusus tentang Kurikulum, yang diletakkan pada Bab XIA. Ada sejumlah pasal menyangkut Kurikulum yang disisipkan di antara Pasal 77 dan Pasal 78 Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 yaitu dari Pasal 77A hingga Pasal 77Q. Disebutkan dalam PP ini, bahwa Kerangka Dasar Kurikulum berisi landasan fisiologis, sosiologis, psikopedagogis, dan yuridis sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Kerangka Dasar Kurikulum ini digunakan sebagai: a.Acuan dalam Pengembangan Struktur Kurikulum tingkat nasional; b.Acuan dalam Pengembangan muatan lokal pada tingkat daerah; dan c.Pedoman dalam Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Struktur Kurikulum merupakan pengorganisasian Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, muatan Pembelajaran, mata pelajaran, dan beban belajar pada setiap satuan pendidikan dan program pendidikan,” bunyi Pasal 77B ayat (1) PP No. 32 Tahun 2013.
Menurut PP ini, Struktur Kurikulum PAUD formal berisi program Pengembangan pribadi anak; Struktur Kurikulum untuk satuan pendidikan dasar berisi muatan umum; untuk pendidikan menengah terdiri atas:
a. Muatan umum
b. Muatan peminatan akademik
c. Muatan peminatan kejuruan
d. Muatan pilihan lintas minat/pendalaman minat.
Muatan umum sebagaimana dimaksud terdiri atas muatan nasional untuk satuan pendidikan, dan muatan lokal untuk satuan pendidikan sesuai dengan potensi dan keunikan lokal,” bunyi Pasal 77B ayat (9) PP tersebut.
Struktur Kurikulum PAUD yang berjalan
PP ini menjelaskan, Struktur Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) formal berisi program-program Pengembangan nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni. Ketentuan lebih lanjut mengenai Struktur Kurikulum PAUD diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang ditelah ditetapkan menteri pendidikan terkait.
Berdasarkan Keputusan Mendiknas tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini Pada Pasal 1 Standar pendidikan anak usia dini meliputi pendidikan formal dan nonformal yang terdiri atas:
a. Standar tingkat pencapaian perkembangan;
b. Standar pendidik dan tenaga kependidikan;
c. Standar isi, proses, dan penilaian; dan
d. Standar sarana dan prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan. Sumber
Bagaimana dengan acuan kurikulum 2014, masih kita tunggu, sementara ini tetap kita laksanakan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 ini secara optimal, kita berharap ada perbaikan yang diorientasikan pada peningkatan kemempuan anak didik dan profesionalisasi guru dan pendidik. Demikian gambaran dan harapan tentang acuan kurikulum PAUD tahun 2014 ini semoga bermanfaat. terimakasih.
Sumber :
- Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 tahun 2009
Unknown
12.31.00
PAUD Anakbermainbelajar
IndonesiaKITA TUNGGU PERUBAHAN KURIKULUM PAUD DITAHUN 2014-2015
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
12.31.00
Paud Istiqlal |
Anak usia dini berada dalam tahapan usia dimana anak sedang berada pada masa-masa yang cukup riskan secara fisik dan motorik. Pada masa ini anak telah mulai mengembangkan otot-otot motoriknya dengan proses dinamika geraknya. Saat anak dalam proses ini tidak jarang anak mengalami kejadian yang diluar dugaan seperti benturan atau kecelakaan, yang terjadi saat anak sedang bermain atau beraktivitas fisik yang berat di luar.
Karena itulah anak perlu dilatih kemampuan fisik dan motoriknya dengan cara yang tepat agar dapat meningkatkan konsentrasi, koordinasi kekuatan otot-otot dan kepercayaan diri yang tinggi, untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan, seperti jatuh, terbentur, kehilangan keseimbangan atau keragu-raguan dalam aktivitas geraknya.
Otot dan fisik anak usia dini ini dapat dilatih dengan berbagai terknik dan cara yang menarik dan menyenangkan bagi anak, salah satunya bermain permainan keseimbangan yang bagus untuk melatih otot-otot tubuh anak sehingga meningkatkan keseimbangan tubuh, kelenturan, dinamisasi dan memperkuat punggung, otot-otot perut dan tungkai anak.
Berikut kegiatan sederhana yang dapat dilakukan untuk melatih keseimbangan dengan bermain yang menyenangkan bagi anak:
- Berjalan lurus dengan garis lurus atau papan keseimbangan, ini dapat dilakukan anak sambil membawa atau menjinjing barang di atas kepalanya.
- Anak melakukan posisi dan gerakan membungkuk dengan kaki lurus dengan kedua tangan dilemaskan mencoba menyentuh jari-jari kaki.
- Anak menirukan jalan binatang Onta, gerakan maju perlahan dengan tubuh membungkuk tangan dan kaki yang diluruskan ke bawah, bergerak seperti jalan binatang onta.
- Anak merentangkan kedua tangan lebar-lebar kesamping, ke atas, ke belakang, kedepan.
- Anak berdiri berjinjit dengan posisi ini ditahan kurang lebih 5 menit tanpa jatuh, jika anak jatuh harus diulangi lagi dari awal.
- Anak berdiri berjinjit dan perlahan-lahan jongkok.
- Menyentuh jari kaki dengan tangan kanan dan sebaliknya.
- Berjalan cepat sambil kedua tangan membawa ember kecil yang penuh air dan tidak tumpah.
- Permainan lembar bola berpasangan dan berjalan menyamping yang jarak lemparnya semakin lama semakin dijauhkan jaraknya.
- Menembakan bola dengan menendang ke gawang dengan jarak tembak yang semakin lama ditambah jarak jauhnya tempat menembak bolanya.
Sumber: Dirangkum dan disarikan dari bahan penataran diklat Pengelola dan Pendidik TK PAUD, Ditjen PTKPAUDNI di Hotel Sapir tahun 2012.
Dari: http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/....terima kasih sudah berkunjung. semoga sukses. salam anak Indonesia.
BERMAIN SAMBIL MELATIH FISIK MOTORIK KESEIMBANGAN ANAK USIA DINI
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
23.01.00
Diklat Kepala TK Banjarmasin |
Sebagai dasar penyusunan standar kompetensi kepala sekolah Taman Kanak-kanak / TK adalah sebagai berikut :
1.UU No. 20 Sisdiknas
2.PP No.19 tahun 2005 khususnya yang terkait dengan pasal-pasal yang mengatur kompetensi kepala sekolah :
- Pasal 28 Memiliki kualifikasi sebagai pendidik ;
- Pasal 38 Memiliki kemampuan kepemimpinan dan kewirausahaan;
- Pasal 39 Memiliki kualifikasi sebagai pengawas;
- Pasal 49 Memiliki kemampuan mengelola dan melaksanakan satuan pendidikan .
- Pasal 52 Memiliki kemampuan menyusun pedoman
- Pasal 53 Memiliki kemampuan menyusun perencanaan.
1.UU No. 20 Sisdiknas
2.PP No.19 tahun 2005 khususnya yang terkait dengan pasal-pasal yang mengatur kompetensi kepala sekolah :
- Pasal 28 Memiliki kualifikasi sebagai pendidik ;
- Pasal 38 Memiliki kemampuan kepemimpinan dan kewirausahaan;
- Pasal 39 Memiliki kualifikasi sebagai pengawas;
- Pasal 49 Memiliki kemampuan mengelola dan melaksanakan satuan pendidikan .
- Pasal 52 Memiliki kemampuan menyusun pedoman
- Pasal 53 Memiliki kemampuan menyusun perencanaan.
Selain itu sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 162/U/2003 tentang Pedoman Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, Pasal 9 ayat (2), dijelaskan bahwa aspek penilaian kepala sekolah atas dasar tugas dan tanggungjawab kepala sekolah adalah sebagai :
a. Pemimpin
b. Manajer
c. Pendidik
d. Administrator
e. Wirausahawan
f. Pencipta Iklim Kerja
g. Penyelia.
Berdasarkan uraian di atas, maka kepala sekolah Taman Kanak-kanak / TK yang kompeten secara umum harus memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap, performance dan etika kerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai kepala sekolah Taman Kanak-kanak / TK, yang diuraikan dalam Kompetensi Profesional, Kompetensi Wawasan Kependidikan dan Manajemen, Kompetensi Personal dan Kompetensi Sosial.
Berikut adalah komponen-komponen kompetensi yang harus dimiliki seorang kepala sekolah Taman Kanak-kanak / TK secara konstitusi dan normatif yang meliputi komponen-komponen sebagai berikut :
1.Komponen Kompetensi Profesional
- Kepala Sekolah sebagai pemimpin
- Kepala Sekolah sebagai manajer
- Kepala sekolah sebagai pendidik
- Kepala Sekolah sebagai administrator
- Kepala sekolah sebagai wirausahawan
- Kepala sekolah sebagai Pencipta Iklim Kerja
2.Komponen Kompetensi Wawasan Kependidikan dan Manajemen.
- Menguasai landasan pendidikan
- Menguasai kebijakan pendidikan
- Menguasai konsep kepemimpinan dan manajemen pendidikan
3.Komponen Kompetensi Personal atau Kepribadian
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Berakhlak mulia
- Memiliki etos kerja yang tinggi
- Bersikap terbuka
- Berjiwa pemimpin
- Mampu mengendalikan diri
- Mampu mengembangkan diri
- Memiliki integritas kepribadian
4.Komponen Kompetensi Sosial
- Mampu bekerja sama dengan orang lain
- Berpartisipasi dalam kegiatan kelembagaan/sekolah.
- Berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan.
Demikian ringkasan standar kompetensi kepala sekolah Taman Kanak-kanak (TK), semoga bermanfaat, terima kasih.
Unknown
17.00.00
PAUD Anakbermainbelajar
IndonesiaSTANDAR KOMPETENSI KEPALA TAMAN KANAK-KANAK (TK)
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
17.00.00
Anak belajar bahasa dengan caranya sendiri, berbeda dengan orang dewasa, cara anak belajar bahasa adalah pertama kali dengan tidak melepaskan diri dari kondisi dan pengaruh lingkungan terdekatnya. Pengaruh terbesar adalah lingkungan masyarakat terkecilnya yaitu keluarga, terutama dari ayah dan bunda yang setiap hari dekat denganya. Para ahli dari aliran teori pragmatik berpandangan bahwa anak belajar bahasa dengan kerangka hubungan sosial dan berkaitan dengan perilaku yang diarahkan agar sesuai dengan teori kebutuhan dan keinginan seseorang. Dalam teori pragmatik anak belajar bahasa diasumsikan jika anak selain belajar bentuk dan arti bahasa, juga termotivasi oleh fungsi bahasa yang bermanfaat bagi mereka. Dengan demikian anak belajar bahasa disebabkan oleh berbagai tujuan dan fungsi bahasa yang dapat mereka peroleh.
Seperti yang dilansir dalam Halliday, cara anak mengembangkan bahasa dalam proses tahapan pertamanya melalui interaksi dengan orang-orang dekat disekitarnya dengan meliputi hal-hal sebagai berikut:
1. Bahasa sebagai interaksi bagi anak
Anak menggunakan bahasanya sebagai sebuah proses interaksi bagi orang lain yang diungkapkan anak secara prosonal pada orang lain. Misalnya: anak berkata "Ajaklah saya bersama ketaman itu..."
2. Bahasa sebagai ekspresi personal
Anak mengungkapkan bahasa sebagai sebuah reaksi dan ungkapan personalnya, menyangkut ekpresinya pada saat itu. Misalnya: anak berkata "Saya senang ini enak sekali.."
3. Bahasa sebagai instrumental
Misalnya: anak berkata "Saya ingin melihat bintang di kebun binatang..."
4. Bahasa sebagai dogmatis
Misalnya: anak berkata "Berikan pada ku mainan itu..."
5. Bahasa dalam konsep heuristic
Misalnya: anak berkata "Mengapa?, Bagaimana? dsb ..."
6. Bahasa sebagai sarana Informatif
Anak mengekspresikan suatu pengetahuan, pemahaman, informasi yang diketahuinya dalam ungkapan bahasanya. Misalnya: anak berkata "Ada hal yang ingin saya sampaikan kepada mama ..."
7. Bahasa dalam konsep imajinatif
Anak berimajinasi untuk menjadi sesuatu atau seseorang yang jadi panduan imitasi anak yang kemudian diekspresikan dalam ungkapan bahasanya. Misalnya: anak berkata "Seandainya saya bisa menjadi bidadari cantik ..."
Dalam pemahaman teori prakmatik, saat anak menginginkan sesuatu dengan mengatakan 'makan' jadi 'mamam' dan ia memegang sendok yang diambil dari piring kosong, anak tersebut menyadari bahwa bahasa dapat digunakan untuk meminta dan menerima sesuatu dari orang lain, dalam hal ini pada ayah atau ibunya. Anak dipahami dari berbagai kegiatan berbahasanya, yang mencakup konteks kalimat tanya, pengulangan dan kecendrungan anak berceloteh sesuai tahapan perkembangannya.
Demikian cara anak mengembangkan bahasanya menurut teori prakmatik. Semoga bermanfaat untuk ayah, ibu yang sedang mengamati dan menunggu-nunggu ananda berbicara. makacih, cemoga cukces ya bunda..hihi.
Sumber: disarikan dari berbagai sumber !!
Dari: http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/...terimakasih sudah berkunjung...salam kenal, salam anak Indonesia.
Unknown 22.32.00 PAUD Anakbermainbelajar Indonesia
CARA ANAK MENGEMBANGKAN BAHASANYA MENURUT TEORI PRAGMATIK
ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR | Blog Tentang Bahan Materi Tips Cara Belajar Pendidikan anak usia dini PAUD untuk orang tua, pendidik guru Paud TK Taman Kanak-kanak.
di
22.32.00