PERMAINAN AKTIF DAN PASIF PADA ANAK USIA DINI

Rabu, 24 Desember 2014

Selain bentuk-bentuk permainan dalam ketegori permainan yang mendukung proses main bagi anak seperti dalam BCCT atau sentra. Secara ringkas juga permainan yang baik bagi anak ini dibagi menjadi dua kategori yaitu permainan aktif dan permainan pasif. Berikut ini permainan yang baik bagi tumbuh kembang anak seperti yang telah dilansir oleh situs meetdoctor.com, yang akan penulis ringkas sebagai berikut :


1. Permainan aktif.
 
Secara umum permainan aktif adalah permainan yang dilakukan oleh si anak secara bebas, dan spontanitas. Permainan aktif biasanya dilakukan oleh anak-anak sesuai dengan keinginan mereka, tidak ada aturan tertentu yang membatasi keasikan anak dalam bermain. Ketika anak-anak melakukan permainan ini secara tidaklangsung ia  akan melakukan sedikit pembelajaran dengan bereksperimen atau menyelidiki, mencoba, serta mengenal sesuatu hal-hal baru yang menurut mereka menarik untuk diketahui.Permainan aktif cenderung melibatkan anak secara langsung dengan mengaktifkan fisikomotorik anak dengan lebih intens.

Contoh Permainan Aktif :
Drama (dalam bentuk bermain peran Makro atau mikro)
Bermain Alat Musik
Mengoleksi Barang-barang Kesukaanya
Berolahraga
dll


2. Permainan Pasif

Permainan pasif adalah permainan yang dilakukan anak secara tidak langsung dengan kegiatan fisik yang berat untuk mendukung pengetahuan bagi anak. Permainan pasif cenderung hanya melibatkan anak dalam kegiatan mikro yang menggunakan fisik secara enteng saja. Namanya juga permainan Pasif, maka anak tidak aktif dalam gerak fisiknya.

Contoh Permainan Pasif :
Membaca
mendengarkan dongeng cerita
Mendengarkan musik dan lagu
Menonton Televisi Edukasi
dll.

Peranan pendidik PAUD dilembaga dan orang tua di Rumah, menjadi sangat penting manakala anak telah melakukan permainan baik permainan aktif maupun permainan pasif, kegiatan ini diharapkan dapat mempercepat proses anak untuk mencapai tumbuh kembangnya baik secara pisik, phisikis maupun kecerdasannya. Demikian bunda, ayah, tentang permainan aktif dan pasif pada anak, semoga bermanfaat. terimakasih.



23.47.00

0 komentar: