PENGERTIAN PARENTING ATAU PENDIDIKAN KEORANGTUAAN

Sabtu, 13 Desember 2014

Pertemuan Parenting,
Parenting Metting PAUD RBS
Pada dasarnya pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Pendidikan anak Usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun (0-6 tahun) yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohan agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Keorangtuaan adalah peran perawatan, pengasuhan, perlindungan dan pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga terhadap anak usia dini (0-6 tahun). Dimana masa-masa usia anak 0-6 tahun ini adalah masa-masa penting "Golden Age", maka peran orang tua menjadi teramat penting sebagai ujung tombak dari pendidikan dan pengasuhan anaknya.

Jadi dapat ditarik suatu pengertian bahwa :
" Pendidikan keorangtuaan adalah upaya peningkatan/ penguatan, pengasuhan, perlindungan dan pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga untuk mendukung pembelajaran anak usia dini di lembaga Paud.

Sumber: Buku Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Keorangtuaan (Parenting) Dirjend PAUDNI 2013.

Lihat juga : Cara dan Langkah-langkah pelaksanaan Parenting di sini !!



10.47.00

0 komentar: