CARA MENGATASI RENDAH DIRI PADA ANAK USIA DINI

Selasa, 09 Desember 2014

Kita sering menemukan anak yang mengalami masalah rendah diri, yang berakibat pada kemampuannnya untuk bersosialisasi dengan teman-teman dan lingkungannya. Anak yang mengalami rendah diri atau dalam bahsa sehari-hari disebut dengan minder, berkaitan dengan perasaan tidak berharga dan kurang penghargaan terhadap diri sendiri, yang juga berpengaruh terhadap motivasi, sikap, dan tingkah laku anak.  Menurut Schaefer & Millman, (1981) ada sejumlah hal yang dapat kita lakukan untuk membantu dalam mengatasi rasa rendah diri anak ini yaitu :

1.  Meningkatkan pemahaman diri anak
Pendidik dapat memberikan penjelasan dan pemahaman kepada anak bawa dalam kehidupan ini tidak ada orang yang sempurna, setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

2.  Mendukung kompetensi dan kemandirian anak
Anak perlu dilatih untuk melakukan keterampilan yang sesuai dengan usianya dan dijamin bahwa anak akan memperoleh perasaan aman dalam proses menguasai keterampilan tersebut.

3.  Menyediakan kehangatan dan penerimaan
Pada diri anak rasa harga diri yang tinggi dioperoleh jika anak merasa dirinya diterima. Dukungan emosiona menjadi sangat penting karena pada dasarnyan anak membutuhkan perasaan aman.

4.  Fokus pada Hal-hal Positif yang dapat dilakukan Anak
Sebagai guru pendidik dan orang tua, kita perlu jeli dan cermat dalam mengenali dan mendukung kekuatan atau kelebihan anak. Perhatian sebaiknya lebih besar dicurahkan pada kelebihan anak, bukan pada kekurangan dan kelemahan anak.

5.  Menyediakan pengalaman yang konstruksi
Rencanakan dan lakukan kegiatan-kegiatan dengan cara-cara yang tepat untuk menjamin agar anak mau berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

6.  Meningkatkan rasa percaya diri anak
Pada diri anak peningkatan kepercayaan diri dapat terjadi karena pengalaman yang terjadi berangsur-angsur secara berulang-ulang. Usahakan penugasan dan kegiatan yang diberikan pada anak  yang sebisa mungkin dapat diselesaikan oleh anak.

7.   Memberikan Reward (Penghargaan).
Setiap kali anak menunjukan sikap optimis dan tidak mudak berkecil hati,  beri anak reward yang dapat mendukung dan memperkuat perilakunya. Rewad ini dapat berupa penghargaan misalnya pujian, nilai bintang, atau sesuatu yang sangat disukai anak.

Demikianlah cara  Mengatasi Rendah Diri Pada Anak, semoga bermanfaat untuk orang tua dan bunda pendidik sekalian dalam rangka mendukung kemampuan perkembangan fisik dan mental anak dilembaga PAUDnya masing. masing. wassalam.....

Sumber : Schaefer & Millman, (1981), Bahan penataran TOT PAUD 2009



00.30.00

0 komentar: