CARA MENGENALKAN UANG PADA ANAK USIA DINI

Kamis, 04 September 2014

Ada dua pendapat tentang kapan sebaiknya mengenalkan uang pada anak. yaitu pendapat yang menyatakan anak tidak boleh diberikan uang sejak dini, dan sebaliknya ada orang tua yang ingin sesegera mungkin memberikan dan mengenalkan uang tersebut pada anak. Alasan kedua pendapat tersebut adalah :

Pandangan yang pertama, Banyak orang tua berpikir bahwa tidaklah perlu untuk terburu-buru memperkenalkan uang kepada si kecil dikarenakan kekuatiran akan pengaruh negatif dari uang, jika terlalu dini anak diberikan uang maka anak dapat menjadi manja, boros dan sering jajan sembarangan, ini tentunya berdampak pada perilaku anak ke depannya, sehingga bagi mereka cukuplah memberi makanan dan bekal untuk dimakan anak di sekolah.

Pandang yang Kedua, anak sangat perlu diberikan uang dan kepercayaan untuk mengelola keuangan mereka sendiri sejak dini, karena tidak ada pelajaran tentang mengelola uang, maka secara alami anak harus belajar tentang uang dari orang tua. Itulah mengapa penting untuk mengenalkan uang serta mengajarkan si kecil tentang menggunakan uang dengan baik sejak usia dini. Tapi tentu saja pengenalan dan pelajaran yang kita berikan harus disesuaikan dengan usia serta dilakukan dengan cara yang sederhana dan menyenangkan. Pastikan penggunaan uang yang kita kenalkan dan kita ajarkan adalah hal-hal yang terjadi dalam kehidupan di lingkungan sehari-hari.

Terlepas dari kedua pandangan tersebut, orang tua sejak awal harus menyadari bahwa uang dan konsep uang bagi anak usia dini adalah hal-hal yang masih bersifat abstrak, anak belum memahami untung rugi secara ekonomis, mereka hanya mengetahui bahwa uang sebagai bentuk permainan untuk mendapatkan permainan lainnya. Uang bagi anak bisa jadi menyenangkan ketika dapat memenuhi keinginannya, dan uang bisa jadi menyebalkan ketika mereka mendapat cemooh atau amarah dari orang tuanya. Karena itu orang tua yang ingin memberikan anaknya uang perlu berkomitmen dengan dirinya sendiri dan dengan anak, bahwa uang harus jadi bagian penting untuk menciptakan harmonisasi keluarga, uang dapat mendukung kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga untuk menjadi lebih baik. Berikan pengetahuan pada anak bahwa tanpa uang mereka tidak bisa hidup dengan layak, pakaian, baju, sepatu dan bisa sekolah karena ayah atau ibu bersusah payah bekerja keras untuk mendapatkan uang.

   
Jadi secara substansial kepada anak usia dini memang perlu diperkenal fungsi dan kegunaan uang dengan positif. Anak diperkenalkan fungsi utama uang berupa unsur-unsur positif yang memberikan kebaikan bagi kehidupan disekitarnya, baik untuk anak sendiri maupun untuk kehidupan masyarakat di lingkungannya. Misalnya anak diajarkan bahwa dengan uang ia bisa beramal dan berbuat baik bagi orang lain, dengan uang anak bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dunia dan akhirat untuk dirinya sendiri dan orang lain.

So....gimana menurut ayah-ibu dan bunda di PAUD, kira-kira perlukah anak usia dini diberikan uang saat sekolah?



19.35.00

0 komentar: