MENGENALKAN SEJAK DINI ALAT MUSIK TRADISIONAL PADA ANAK

Senin, 23 Juni 2014

Alat Musik tradisional
Alat musik teradisional, sebagai warisan kebudayaan bangsa Indonesia yang harus dilestarikan, seyogyanya harus kita perkenalkan kepada anak sejak usia dini. Ini adalah salah satu cara untuk menumbuhkan dan memupuk rasa bangga dan cinta anak pada bangsa dan tanah air.

Alat musik tradisional sebagai salah satu bentuk simbol nilai-nilai tradisi yang telah melembaga, melekat dan menjadi ciri masyarakat Indonesia yang berkarakter. Sebagai bagian dari budaya bangsa, yang digali dari berbagai nilai-nilai dari masing-masing daerah atau masyarakat di wilayah tertentu, tentunya perlu dibina dan diperlihara sebaik-baiknya, agar tidak tergerus oleh arus globalisasi dan perkembangan jaman yang membawa unsur-unsur luar pada bangsa Indonesia, salah satunya dengan memperkenalkan sejak dini alat-alat musik tradisional tersebut. Sehingga anak menyukai, mencintai dan memahami dengan penuh kesadaran hingga kelak mereka dewasa turut mengembangkan dan melestarikan budaya bangsa kita ini.

Banyak keutungan yang didapat jika kita memberikan dan mengajarkan alat musik tradisional pada anak, diantaranya:
  • Anak akan memiliki jiwa seni estetika yang bagus dari kesenian yang diajarkan
  • Anak terlatih secara motorik dalam kegiatan memainkan alat musik tersebut
  • Anak akan mengenal secara langsung alat-alat musik tradisional yang dikembangkannya
  • Anak memiliki sense of beauty yang baik terhadap pengembangan koordinasi gerak musikal
  • Anak terlatih memiliki kesabaran dan toleransi terhadap orang lain
  • Anak akan terbiasa membangun dan memelihara nilai-nilai positif yang dimiliki masyarakatnya.
Faktor terpenting bagi anak adalah memupuk minat dan motivasi anak untuk secara aktif  ikut serta dalam aktivitas dan kegiatan belajar dengan memanfaatkan daya tarik alat-alat musik tradisional ini.  Demikian bunda, semoga bermanfaat, terimakasih.



12.08.00

0 komentar: