7 MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI BAYI

Sabtu, 12 April 2014

Menu bayi, makanan bayi, bayi sehat, hindari makanan bayi ini.
Ada beberapa jenis makanan yang harus kita hindarkan dari bayi, jenis-jenis makanan ini selain tidak cocok untuk tubuh bayi juga berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan bayi. Zat tertentu yang terkandung dalam makanan juga tidak semuanya cocok untuk bayi, hal ini dikarenakan sistem pencernaan dan fungsi tubuh bayi yang masih rentan dan lemah dari bayi tidak bisa menerima dan mencerna makanan bayi tersebut.

 
Berikut ini adalah beberapa jenis makan yang harus kita hindarkan dari bayi atau jangan diberikan kepada bayi kita.

1. Makanan berbentuk padat dan Butiran

Jangan memberikan makanan padat berbentuk butiran yang tidak dapat ditelan bayi, makanan dengan butiran keras yang harus dikunyah baru ditelan, misalnya makanan yang berupa kacang-kacangan  yang berbentuk butiran dapat membahayakan bayi, jika bayi menelan makanan tersebut ia bisa tesedak. Namun jika kacang-kacangan diolah dengan benar misalnya dibentuk jadi bubur atau tepung tentu bisadijadikan makanan untuk bayi.

2. Makanan dengan Kadar gula tinggi

Jangan memberikan makanan orang dewasa yang memiliki kadar gula tinggi pada bayi, karena gula yang terlalu tinggi akan mempengaruhi kesehatan bayi, bayi akan terlihat gelisah, dan daya tahah tubuh bayi akan menurun.

3. Makanan yang mengandung Lemak

Hindarkan bayi dari makanan syang mengandung lemak, terutama makanan yang mengandung lemak hewani seperti yang terdapat pada daging sapi maupun daging ayam, jerohan, seperti usus, babat, ampela atau pani (kecuali hati).

4. Makanan yang diberi bumbu

Tidak dianjurkan memberikan makanan yang mengandung bumbu kepada bayi, karena cita rasa bumbu yang terlampau tajam akan mempengaruhi indra perasa dan mulut bayi. Ada kalanya bayi yang diberi makanan yang mengandung bumbu maka bayi tidak merasakan rasa asli dari makanan. Akibatnya bayi tidak mau makan jika makanan tidak berasa bumbu tersebut.

5. Makanan yang mengandung pemanis buatan

Pemanis buatan memang terasa enak dilidah tapi akan terasa menyengat ditenggorokan, pemanis buatan sangat tidak dianjurkan diberikan kepada bayi karena juga akan mempengaruhi pencernaan dan perasa pada bayi.

6. Makanan Diberi Penyedap yang mengandung Zat Aditif

Hati-hati terhadap jenis makanan yang beredar diluaran jika kita membeli makanan untuk bayi, makanan yang menggunakan zat aditif sangat berbahaya karena dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan dan organ tubuh bayi yang masih rapuh, sebagian akan mempengaruhi kinerja ginjal bayi. Juga jika bayi dibiasakan diberikan makanan dengan vetsin ini akan menyebabkan ketagihan dan ketergantungan bayi pada cita rasanya, sehingga bayi tidak berselera jika diberi makanan yang tidak mengandung zat aditif atau penyedap rasa ini.  

7. Makna yang diberi pewarna kimia buatan

Dengan alasan supaya bayi tertarik dengan tampilan makanan yang disediakan, sebagian orang tua sering menambahkan pewarna buatan pada makanan bayi. Makanan yang diberi pewarna mungkin terlihat cerah dan menarik, tetapi tahukah kita makanan dengan pewarna buatan ini dapat berbahaya bagi bayi karena zat kimia yang terkandung dalam pewarna makanan yang kurang baik jika diberikan terus menerus, lambat laut juga akan merusak fungsi pencernaan dan ginjal bayi. Bahkan sebagian bayi mungkin akan merasakan efek langsung dari zat kimia dari pewarna makanan tersebut dengan alergi tertentu pada bagian tubuhnya.

Demikian 7 makanan yang harus dihindari bayi, semoga bermanfaat. terimakasih.



08.42.00

0 komentar: