CARA MENGAJARI ANAK MENGGAMBAR

Dasar mengajari anak menggambar adalah dimulai dengan mengkondisikan pada anak dengan kegiatan menggambar itu menyenangkan. Kita sebagai pendidik dan orang tua harus bersikap terbuka dan komunikatif pada anak, sampaikan pada anak "menggambar itu mudah" dan hasilnya "indah", jangan lupa pujian dan penghargaan terhadap gambar karya anak yang sudah dibuatnya dengan susah payah.




CARA MENGGAMBAR UNTUK ANAK TK PAUD

Anak Menggambar, Cara Menggambar, anak melukis
Menggambar adalah kegiatan yang sangat disukai anak-anak khususnya anak TK dan PAUD, menggambar merupaka salah satu kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan hampir semua aspek kemampuan anak. Pengertian menggambar bagi anak adalah kegiatan-kegiatan membentuk imaji yang dituangkan anak dengan menggunakan teknik-teknik dasar sederhana dengan alat tulis. Bisa pula berarti membuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan dengan mengolah goresan dari alat-alat menggambar. Kebanyakan karya anak dengan cara menggambar adalah representasi dari ingatan atau imajinasi anak sehari-hari. Subjek ini bisa berupa tampilan realistis dalam kehidupan sehari-hari seperti potret, setengah realistis seperti coreta-coretan sketsa abstrak sederhana, atau yang benar-benar menampakan bentuk gambar yang menjadi objek kesukaan anak.

BERMAIN BAGI ANAK PAUD

Bermain adalah dunia anak, setiap anak akan bermain dengan caranya masing-masing. Bermain merupakan sarana belajar anak usia dini. Melalui bermain anak dapat menemukan hal-hal baru yang sangat berguna untuk membangun pengetahuan mereka. Selain itu melalui  bermain anak dapat mengembangkan kreativitasnya. Anak melakukan berbagai kegiatan yang dapat melatih kelenturan tangan, menumbuhkan imajinasi dan ekspresi diri, kemampuan pemecahan masalah, mencari cara baru dan sebagainya. Jadi bermain merupakan pusat dari aktivitas anak usia dini.

CONTOH SKM RENCANA KEGIATAN MINGGUAN TK

RKM untuk TK Dapat dibedakan dalam dua jenis yaitu RKM untuk Model Pembelajaran Kelompok dan RKM Model Pembelajaran Berdasarkan Minat. Ini dapat dilihat pada contoh di bawah ini :



Baca juga Cara Menyusun Rencana Pembelajaran PAUD di sini !!

PENGERTIAN, KONSEP DAN TEORI BCCT

Pengertian Sentra Paud adalah suatu pengertian yang menurut penelusuran penulis belum ada definisi yang
jelas tentang sentra Paud ini, kecuali merujuk kepada beberapa konsep dasar dan teori pengembangan metode sentra di Paud yang di kenal dengan BCCT (Beyond Centers and Circle Time) atau lebih jauh tentang sentra dan saat lingkaran.


Beyond Centers and Circles Time (BCCT) adalah metode penyelenggaraan PAUD yang berpusat pada anak yang dalam proses pembelajarannya berpusat di sentra main dan saat anak dalam lingkaran. Beyond Centers and Circles Time (BCCT) dapat dikatakan sebagai konsep belajar dimana pendidik (guru) menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong anak didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.

PEDOMAN PENILAIAN DI TK DAN PAUD



Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 menyatakan bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Taman Kanak-kanak (TK) sebagai salah satu bentuk lembaga pendidikan usia dini, berada pada jalur pendidikan formal sebagaimana tertuang pada pasal 28 ayat (3) bahwa “Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK), Raudlatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat”. Implikasinya adalah bahwa keberadaan dan penyelenggaraan TK perlu diatur dalam suatu kebijakan tertentu oleh pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional.

CONTOH FORMAT EVALUASI DAN PENILAIAN PAUD

Contoh Format Pengumpulan Data  Observasi dan Catatan Anecdot :




KUMPULAN LENGKAP LAGU-LAGU ANAK TK PAUD

BINATANG CIPTAAN ALLAH

Jerapah-jerapah lehernya panjang

kulitnya belang-belang...iih lucu sekali
Jerapah-jerapah itu namanya
Jerapah-jerapah ciptaan Allah...

Jalannya lompat-lompat
telinganya panjang
kulitnya hitam putih..iih..lucu sekali
kelinci-kelinci itu namanya
kelinci-kelinci ciptaan Allah...

Jalannya menggal-menggol
mulutnya panjang
bulunya putih bersih.. iih..lucu sekali
bebek wekwek - bebek wekwek itu namanya
bebek wekwek - bebek wekwek ciptaan Allah...

PANDUAN JUKNIS LOMBA PTK-PAUDNI BERPRESTASI JAMBORE 2013

Berdasarkan Surat dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Penkdidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Nomor 81B/PTK/2013 tanggal 14 Maret 2013 Perihal Revisi Pelaksanaan Apresiasi PTK_PAUDNI Berpresatasi Nasional Tahun 2013 Maka ditentukan perihal pelaksanaan dan jenis-jenis Lomba yang akan dilaksanakan dalam kegiatan Jambore tersebut sebagai berikut :

SEJARAH SINGKAT BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) PAUD

Centra PAUD Yarsi Jakarta
Penyelenggaraan PAUD harus memperhatikan dan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Karena program PAUD dimaksudkan untuk memberikan fasilitasi pendidikan yang sesuai bagi anak, agar anak memiliki kesiapan baik secara fisik, mental, maupun sosial atau emosionalnya dalam rangka memasuki pendidikan lebih lanjut. (Maksud dari fase sebelum jenjang pendidikan dasar adalah pendidikan pada masa anak usia 0'6 tahun sebagaimana di jelaskan dalam Undang 'Undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

PERILAKU PENDIDIK YANG SESUAI UNTUK ANAK PAUD

Pendidik PAUD memegang peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran dan pembentukan perilaku, karena berinteraksi langsung dengan anak sebagai peserta didik. Dalam interaksi langsung inilah, perilaku pendidik PAUD ini menjadi contoh dan model bagi anak. Perilaku pendidik PAUD ini dapat tercermin dalam tindakan yang bersifat verbal, yaitu tutur kata, maupun nonverbal, yaitu penampilan, sikap, dan tindakan. 

FUNGSI, MANFAAT DAN CONTOH APE SESUAI PERKEMBANGAN ANAK

Ada beberapa manfaat dan Fungsi Ape bagi anak usia dini diantaranya adalah :

  1. Melatih kemampuan motorik ; Stimulasi untuk motorik halus diperoleh pada saat anak meraih dan  mengambil mainannya, meraba, memgang dengan kelima jarinya, dan sebagainya. Sedangkan rangsangan motorik kasar didapat anak saat menggerak-gerakan mainnya, melempar, mengangkat, dan sebagainya.
  2. Melatih konsentrasi; Ape dirancang untuk menggali kemampuan anak, termasuk kemampuannya dalam berkonsentrasi dan fokus. Saat menyusun puzzel, katakannlah, anak dituntut untuk fokus pada gambar atau bentuk yang ada di depannya sehingga anak tidak berlari-larian atau melakukan aktifitas fisik lain sehingga konsentrasinya bisa lebih tergali. Tanpa konsentrasi, bisa jadi hasilnya tidak memuaskan.

KUMPULAN LIRIK LAGU ANAK INDONESIA LENGKAP

Becak
 
Saya mau tamasya berkeliling-keliling kota
Hendak melihat-lihat keramaian yang ada
Saya panggilkan becak kereta tak berkuda
Becak.... becak coba bawa saya

Saya duduk sendiri sambil mengangkat kaki
melihat dengan asik kekanan dan kekiri
lihat becaku lari bagaikan tak berhenti
beca...beca..jalan hati-hati

***



Taman Kanak-Kanak / TK

 
Taman yang paling indah hanya taman kami
Taman yang paling indah hanya taman kami
Tempat bermain berteman banyak
Itulah taman kami taman kanak-kanak

***

LOMBA BERCERITA BAHASA BANJAR UNTUK PENDIDIK PAUD DAN TK SE KALIMANTAN SELATAN

Dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan pendidik Paud-TK dalam bidang seni pada umumnya dan
seni bercerita khususnya, Taman Budaya Propinsi Kalimantan Selatan, akan mengadakan Lomba Bercerita "Bakisah" Bahasa Banjar untuk Pendidik PAUD dan TK yang berdomisili di Kalimantan Selatan. dengan ketentuan sebagai berikut :

A. Persyaratan Peserta
  1. Peserta adalah guru pendidik PAUD dan TK yang berdomisili di wilayah Kalimantan Selatan yang dibuktikan dengan kartu identitas/ Surat Keterangan dari Lembaga/ sekolah/ yayasan
  2. Peserta membawakan Materi Lomba bercerita / Bakisah bahasa Banjar karangan sendiri yang isi dan materinya tidak bertentangan dengan Sara, Pancasila dan UUD 1945.
  3. Perserta hanya diperbolehkan membawa satu cerita pada saat penampilan.
  4. Peserta tampil dengan durasi waktu maksimal sepuluh (10) menit, boleh membawa alat peraga dan properti pentas yang relevan.
 B. Waktu dan Tempat Pendaftaran
  1. Pendaftaran tanpa dipungut biaya dibuka sejak pegumuman dikeluarkan dan ditutup pada tanggal 13 Mei 2013
  2. Tempat pendaftaran di Taman Budaya Kalimantan Selatan, pada Seksi Pengembangan dan Pergelaran Taman Budaya Propinsi Kalsel. Alamat: Jln. Brigjend H. Hasan Basry No. 02 RT. 43 Telepon 0511-3304735 Fax (0511)3304425 Banjarmasin. Pendaftaran dapat melalui via surat/telepone/SMS dengan menyebutkan identitas diri yang jelas dan sah.
  3. Contact Person dapat menghubungi : 
          -  Hj. Ely Rahmi, S.Sos, M.M    :  08125123891
          -  Rudi Karno                            :  08164530669
          -  Akhmad Solihin, M.Pd           :  05117052525

C.  Waktu Pelaksanaan

  1. Technical meeting dilaksanakan pada hari Senin, 13 Mei 2013 Pukul 10.00 - 12.00 Wita di Taman Budaya Propinsi Kalsel
  2. Lomba dilaksanakan pada tanggal 14-15 Mei 2013 pukul 09.00 Wita s.d selesai di Balairungsari Taman Budaya Propinsi Kalsel.
D. Hadiah dan Penghargaan

Para pemenang akan memperoleh hadiah trophy dan uang tunai sbb:
Juara I  tropy + uang tunai Rp. 3.000.000,-
Juara II  tropy + uang tunai Rp. 2.500.000,-
Juara III  tropy + uang tunai Rp. 1.500.000,-
Juara Harapan I  tropy + uang tunai Rp. 1.000.000,-
Juara Harapan II tropy + uang tunai Rp. 750.000,-
Juara Harapan III  tropy + uang tunai Rp. 500.000,-

E. Penilaian

Penilaian dalam Lomba bercerita / Bakisah bahasa Banjar ini meliputi : Teknik Vokal, Interpretasi, Ekspresi, dan Penampilan.


Deskripsi Pengertian Bercerita ;
Bercerita "Bakisah" Bahasa Banjar adalah seni bercerita dimana seseorang membawakan sebuah cerita (bakisah) dengan memadukan unsur-unsur seni teater yang meliputi; teknik berekspresi, ekspresi vokal, ekspresi visual, mimik, gesture, dan tingkah laku menjadi sebuah kesatuan yang komplit.

KOTAK PENCARIAN

Google Adsense