TIPS CARA SUPAYA ANAK TIDAK BOHONG

Selasa, 03 Desember 2013

Tips anak tidak berbohong

Beriikut ini beberapa tips agar supaya anak kita tidak terbiasa berbohong yaitu dengan cara-cara sebagai berikut:

  1. Berilah contoh yang baik, jadilah model yang sesuai bagi anak. Orang tua tidak dapat mengajarkan pentingnya kejujuran bila di saat yang sama mereka tetap melakukan kebohongan.
  2. Tanamkan nilai-nilai karakter kejujuran dan sikap tidak berbohong sejak anak bisa berkomunikasi. Yaitu dengan selalu menanamkan hal-hal positif.
  3. Jangan pernah memuji anak karena berbohong atau karena berhasil mengelabui orang lain. Contoh "Hebat, Ari pintar kamu, ya berhasil membohongi Papa." Anak bisa menganggap benar apa yang telah dilakukannya dan orang tua senang dengan perilaku tersebut.
  4. Tegas dalam hal keuangan, jangan biasakan anak mengambil sendiri uang dari dompet atau tas orang tua. Kalau anak minta uang, boleh meminta padanya untuk mengambilkan tas atau dompet orang tuanya, tetapi tetap kita yang mengelurkan uang dan memberikan pada anak.
  5. Tanamkan pada anak bahwa dompet, tas, dan uang adalah barang pribadi, bukan milik bersama, yang tidak boleh dibuka-buka sembarangan selain pemiliknya baik ibu atau ayah.
  6. Biasakan anak meminta ijin untuk meminjam sesuatu barang yang bukan miliknya.
  7. Ajarkan dan tekankan pada anak bahwa berbohong itu adalah perbuatan dosa dan sangat dibenci dan tidak disukai Tuhan, orang tua, keluarga dan masyarakat.

Demikian tips cara supaya anak tidak berbohong...semoga bermanfaat..wassalam.    

Sumber : disarikan dari berbagai sumber



21.23.00

0 komentar: