METODE SOSIODRAMA UNTUK ANAK TK PAUD

Jumat, 06 Desember 2013



Dalam kegiatan bermain salah satu metode yang digunakan adalah metode sosiodrama, sosiodrama adalah Drama yang merupakan salah satu bentuk karya seni khususnya sastra yang memiliki bagian dan kegiatan untuk diperankan oleh pemeran (aktor). Pengertian drama ini yang berarti aksi, perbuatan dan tindakan. Sosiodrama untuk anak TK PAUD yaitu suatu cara memerankan beberapa peran dalam suatu cerita tertentu yang menuntut integrasi di antara para pemerannya yaitu anak-anak usia TK dan PAUD. Dengan pemikiran bahwa metode ini dapat merupakan kelanjutan atau puncak dari kegiatan bercerita maka ada beberapa TK dan PAUD yang mengemas metode ini sedemikian rupa dan menggunakan sosiodrama sebagai kegiatan pentas akhir tahun pelajaran di sekolah tersebut. 

Kegiatan ini dapat dimulai dengan memilih buku cerita yang disukai anak-anak di kelas, lalu didiskusikan alur cerita maupun tokoh-tokoh pemerannya. Apabila telah diyakini sebagi cerita favorit anak-anak di  TK dan PAUD maka dapat dibuat kesepakatan bersama bahwa cerita ini akan diperankan untuk pementasan akhir tahun. Anak-anak bebas menentukan tokoh-tokoh yang diinginkannya. Dengan sistem latihan yang rutin seminggu dua kali di awal atau akhir kegiatan pembelajaran maka akan memudahkan guru dan tidak akan membebani anak.

Manfaat sosiodrama serupa dengan bermain peran. Metode ini dapat dipakai sebagai kegiatan yang mengutamakan pegembangan kemampuan berekspresi sehingga anak dapat menghayati berbagia bentuk perasaan juga menggali daya khayal (imajinasi) dan kreativitas anak. Hal yang membedakan sosiodrama dengan bermain peran adalah sosiodrama menekankan pada tanggung jawab individu dan kerja sama antrapemeran dalam memerankan tokoh-tokoh guna kelancaran jalannya alur cerita yang ditampilkan. Pada umumnya peran yang dimainkan diangkat dari kehidupan sehari-hari di masyarakat. 



Langkah-langkah metode sosiodrama :
  1. Pada pijakan awal jelaskan dan diskusikan pada anak pemilihan tema dan judul drama yang akan dimainkan.
  2. Buat persiapan naskah atau ringkasan cerita bila diperlukan
  3. Persiapan setting  tempat, waktu, kesepakatan berapa lama drama dimainkan dan jumlah anak dan pemainnya.
  4. Tentukan pemeran, properti, kostum dan tata busana yang akan digunakan masing-masing anak yang menerima tugas sebagai pemeran.
  5. Akhiri permainan sesuai dengan kesepakatan di akhir cerita atau jika situasi anak tidak memungkinkan lagi.
  6. Tentukan dalam kesepakatan kelas apakah drama ini akan dilanjutkan pada acara perpisahan atau acara lainnya. 
  7. Beres-beres..

Demikian metode sosiodrama untuk anak TK dan PAUD. Semoga bermanfaat..



16.52.00

0 komentar: