METODE PENDIDIKAN KHUSUS UNTUK ANAK USIA DINI

Kamis, 26 Desember 2013

Seperti yang sudah dibahas dalam dalam teori dan konsep-konsep pendidikan anak usia dini, usia dini merupakan masa emas (golden ages) perkembangan. Baik berdasarkan kajian neuro-sience, psikologi, maupun pedagogi menyimpulkan bahwa perkembangan yang berproses selama masa ini sedang pesat-pesatnya terjadi. Karena itu diperlukan pendidikan anak dengan metode yang tepat dan akurat untuk membantu anak menjalani proses perkembangan tersebut. 

Jika kita cermati secara umum metode pendidikan banyak sekali ragam dan janisnya, akan tetapi tidak semua substansi metode pengajaran dalam pendidikan tersebut cocok bagi program anak usia dini yang dimulai dari KB (kelompok bermain) dan TK (Taman Kanak-kanak). Adapun metode pengajaran yang dilaksanakan untuk usia KB dan TK secara umum yakni :
  1. metode bercerita
  2. metode bercakap-cakap
  3. metode berdiskusi 
  4. metode Tanya Jawab
  5. metode mengucapkan syair
  6. metode pemberian tugas
  7. metode demonstrasi
  8. metode praktek langsung
  9. metode pantomim
  10. metode dramatisasi
  11. metode menyanyi
  12. metode calistung/ skolastik
  13. metode bermain
  14. metode bermain wisata
  15. metode proyek/ kerja kelompok
  16. metode gerak dan lagu
  17. metode senam
  18. metode menari
  19. metode permainan musik
  20. metode atraktif.
Kehidupan anak adalah dunia bermain, karena begitu pentingnya nilai bermain dalam kehidupan usia anak TK dan KB, pemanfaatan unsur bermain dalam setiap pelaksanaan metode kelompok bermain merupakan syarat mutlak yang sama sekali tidak bisa diabaikan bagi anak TK dan KB. Metode pengajaran pun seyogyanya harus berorientasi pada tahapan bermain anak.




21.21.00

0 komentar: