FUNGSI PROGRAM STIMULASI EDUKASI PAUD

Senin, 09 Desember 2013

Berdasarkan tujuan pendidikan anak usia dini dapat ditelaah beberapa fungsi program situmulasi edukasi, sebagai berikut :

1. Fungsi Adaptasi
Berperan dalam membantu anak melakukan penyesuaian diri dengan berbagai kondisi lingkungan serta menyesuaikan diri dengan keadaan dalam dirinya sendiri


2. Fungsi Sosialisasi
Berperan dalam membantu anak agar memiliki keterampilan-keterampilan sosial yang berguna dalam pergaulan dan kehidupan sehari-hari dimana anak-anak berada sebagai bagian dari masyarakatnya.

3. Fungsi Pengembangan
Berkaitan dengan pengembangan berbagai potensi yang dimiliki anak. Setiap unsur potensi yang dimiliki anak membutuhkan suatu situasi atau lingkungan yang dapat menumbuhkembangkan potensi tersebut kearah perkembangan yang optimal sehingga menjadi potensi yang dapat bermanfaat bagi anak itu sendiri maupun lingkungannya.

4. Fungsi Bermain
Berkaitan dengan pemberian kesempatan pada anak untuk bermain, karena pada hakikatnya bermain itu sendiri merupakan hak anak sepanjang rentang kehidupannya. Melalui kegiatan bermain anak akan mengeksplorasi dunia anak-anaknya serta membangun pengetahuan sendiri.

5. Fungsi Ekonomik
Pendidikan yang terencana pada anak merupakan investasi jangka panjang yang dapat menguntungkan pada setiap rentang jenjang perkembangan selanjutnya. Terlebih lagi investasi yang dilakukan berada pada masa keemasan (the golden age) yang akan memberikan keuntungan berlipat-ganda.



09.00.00

0 komentar: