APE AQUARIUM BINATANG LAUT

Rabu, 13 November 2013

Untuk melengkapi media APE yang sudah ada, berkaitan dengan tema binatang saya bersama-sama dengan istri mencoba berkreasi dengan media alternatif bahan bekas untuk membuat media pembelajaran APE alternatif dengan tema Binatang pada sub tema Binatang Laut dan Hewan laut.  Alasan semula kami mendesain APE ini adalah kami kesulitan mendapatkan media APE yang berkaitan dengan sub tema binatang laut.

Dengan memanfaatkan barang bekas seperti kardus, karton, kertas koran dll  yang ada di gudang rumah, kami buat APE yang mengkombinasikan antara konsep Aquarium, Panggung Boneka dan lipatan kertas (Origami Ikan Laut) dengan harapan ini dapat menarik minat anak untuk belajar lebih jauh tentang Tema binatang laut.



Secara sederhana fungsinya untuk anak adalah untuk kegiatan bermain dan belajar yang terbagi dalam dua area kegiatan yang dapat diterapkan untuk kegiatan bermain dan belajar, baik dalam kegiatan sentra maupun pembelajaran kelompok.

Area pertama pada bagian Aquarium : anak dapat belajar dan bermain peran mikro, di sini dikombinasikan, susunan jenis-jenis ikan laut yang dapat di ubah dan digerakan dengan menggunakan benang dan kait yang dipasang bergantungan menyerupai ikan dan binatang air laut yang berenang dan merayap di dasar aquarium.


Area kedua pada bagian Panggung (atas Aquarium) : Anak dapat bermain dan belajar seperti kegiatan panggung boneka ikan, menjemur Hurup dan Angka, menyusun kombinasi warna, bermain tebakan ikan, dan dapat dibantu guru pendidik untuk kegiatan mendongeng pada gambar contoh kami pakai kepiting dan ikan.




Dengan media ini diharapkan anak dapat :
  • Mengenal jenis-jenis binatang khususnya binatang laut
  • Meningkatkan kemampuan pengenalan hurup dan angka (keaksaraan)
  • Meningkatkan kemampuan motorik halus terutama pada penggunaan jari-jari.
  • Membantu mengenalkan jenis-jenis warna 
  • Mengajarkan anak pendidikan karakter cinta alam dan cinta makhluk ciptaan tuhan
  • dan lain sebagainya.

Demikian APE sederhana dari bahan Alernatif yang kami coba buat untuk media pembelajaran tema Binatang Laut ..Semoga bermanfaat... keritik, saran dan masukan sangat kami harapkan untuk penyempurnaannya. terimakasih.



09.57.00

0 komentar: