MEDIA PERMAINAN EDUKATIF KREATIF

Selasa, 20 Agustus 2013





1. Pengertian Media Permainan Edukatif Kreatif 

Kreatif, berarti kita harus dapat menggunakan apa saja menjadi media bermain. Contohnya kotak-kotak bekas yang menpunyai bentuk kubus, segitiga, segi empat, dan lain-lain sebagai dasar untuk pengenalan bentuk. Dan dapat juga suara pendidik PAUD untuk menirukan suara-suara binatang, untuk pengenalan binatang, contohnya pengenalan binatang kucing, guru/pengasuh dapat menirukan suara kucing: ” Pus...me...ong.....” dll.
Permainan edukatif kreatif adalah permainan yang dirancang untuk kepentingan pendidikan, dan mempunyai beberapa ciri, agar  dapat dengan mudah digunakan untuk mencapai tujuan, manfaat dan menjadi bermacam-macam bentuk, yaitu :

  • Membuat anak terlibat secara aktif
  • Sifatnya konstruktif
  • Aman
  • Mudah diakses/dikerjakan

Bermain dengan menggunkan media permainan edukatif artinya anak dapat kreatif dengan menciptakan atau membangun pengetahuan, bukan hanya meniru, mencontoh atau menjiplak. Dengan media permainan edukatif anak dapat memecahkan masalah yang dihadapi ketika bermain.

Kegiatan media kreatif yang berkaitan dengan motorik halus, antara lain :
  • Seni gambar, yaitu menggambar bebas dan menggambar pokok
  • Seni warna / seni lukis, yaitu mencap, melukis, mengarsir, membatik, mewarnai gambar dan menggores.
  • Seni bentuk, yaitu melipat, meronce, menganyam, bekerja dengan barang bekas
  • Merobek, menempel/ mengisi pola/ kolase.
  • Merekat, menggunting, menjiplak gambar, menebalkan titik-titik, kemudian membentuk plastisin.
  • Mencari jejak, mencocokkan, menjahit, memilih kancing, menguntai, mewarnai, dan menjahit bentuk.

Kegiatan media kreatif memerlukan pengarahan pendidik pendidikan anak usia dini (PAUD) agar anak-anak di dalam kegiatan bermain lebih terarah dan bermakna.
Bahan untuk kegiatan media kratif sangat mudah didapat dan mudah dibuat sehingga pendidik pendidikan anak usia dini (PAUD) dapat melakukan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak. Yang penting, pendidik PAUD (pendidikan anak usia dini) harus dapat merangsang kretivitas anak, terlebih dengan media edukatif kreatif.

2. Media Permainan Edukatif Kreatif Dari Lingkungan Alam Sekitar 

Media edukatif kreatif bersumber lingkungan alam sekitar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai sarana atau alat permainan yang mengandung nilai pendidikan dan dapat mengembangkan seluruh aspek kemampuan anak, yang berasal dari lingkungan alam sekitar.
 
Media edukatif kreatif bersumber lingkungan alam sekitar merupakan media yang memanfaatkan sumber daya yang ada dilingkungan sekitar dimana anak berada / bermain. Baik yang berupa bahan atau benda yang sudah siap pakai digunakan menjadi media permainan edukatif, maupun yang harus di buat baru atau dimodifikasi / dilengkapi.
Memodifikasi, yaitu melengkapi bahan/alat yang sudah ada menjadi bentuk  media permainan edukatif yang baru.
Media permainan edukatif kreatif berfungsi sebgai sumber  pengetahuan, keterampilan yang baru bagi anak, sekaligus sebagai medium pengembangan nalar dan kreatifitas anak, seperti ; berfikir, menganalisa, memecahkan masalah sendiri, serta berbuat secara sistematik dan logik.

Tujuan media permainan edukatif kreatif adalah: 
  1. untuk memberikan motivasi dan merangsang anak untuk melakukan eksplorasi dan bereksperimen dalam peletakan dasar kearah pertumbuhan dan mengembangkan fisik, bahasa, daya fikir, kreativitas, dan sosial emosional.
  2. Pendidikan pada dasarnya merupakan proses belajar di dalam diri anak. Oleh karena itu orang tua, pendidik PAUD dan penyelenggara Lembaga PAUD, harus memberi kesempatan kepada anak untuk belajar.
  3. Belajar dapat terjadi dan berlangsung di segala tempat.Belajar tidak hanya di ruang kelas akan tetapi dapat dilakukan di   ruang selain kelas misalnya di halaman, di bawah pohon yang rindang, di ruang tamu bahkan di garasi. Dengan demikian secara langsung anak dapat melihat, mengamati, dan menyentuh benda-benda di sekitarnya.
  4. Pendidikan merupakan proses sosialisasi dan dapat melakukan kerja sama antar teman yang saling melengkapi karena manusia adalah makhluk sosial.
  5. Tidak ada manusia yang dapat melakukan semua hal sendiri karena secara individual memiliki kelebihan yang dapat memberikan nilai tambah bagi orang lain dan sisi lain juga memiliki kekurangan yang membutuhkan orang lain.

Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut pendidik PAUD harus memahami dan mengetahui potensi apa yang dimiliki oleh setiap anak, karena masing-masing anak sudah dikarunia dengan bakat atau keterampilan bawaan yang harus distimulasi karena masa perkembangan adalah masa yang menentukan untuk pendidikan selanjutnya.


Persyaratan Alat Permainan Edukatif Kreatif
  1. Mengandung nilai pendidikanAman atau tidak berbahaya bagi anak
  2. Menarik dilihat dari warna dan bentuknya
  3. Sesuai dengan minat dan taraf perkembangan anak
  4. Sederhana, murah dan mudah diperoleh
  5. Awet, tidak mudah rusak dan mudah pemeliharaannya
  6. Ukuran dan bentuknya sesuai dengan usia anak
  7. Berfungsi mengembangkan kemampuan anak.
Baca Juga : Contoh permainan edukatif Kreatif



Sumber : Tim Penyusun Bahan Penataran Pendidik PAUD
DIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DIREKTORAT PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PENDIDIKAN NON FORMAL TAHUN 2009



00.23.00

0 komentar: