KEAJAIBAN PELUKAN UNTUK ANAK

Jumat, 19 Juli 2013

Terinsfirasi dari kisah-kisah bayi kembar yang banyak memberikan kita fenomena yang menarik dan mengagumkan, yang memberikan gambaran begitu pentingnya pelukan bagi anak, Salah satunya keajaiban pelukan sikembar adalah keberadaan mereka yang saling melengkapi satu sama lain. Namun kali ini, sebuah kisah nyata yang bukan hanya karena mereka kembar, namun juga pelukan dan ikatan yang menyatukan emosi dan menyelamatkan satu sama lain.
Seorang wanita bernama Heidi Jackson, dikaruniai dua orang putri kembar yang diberi nama Brielle dan Kyrie Jackson. Keduanya lahir dalam keadaan prematur. Selama bulan pertama kelahirannya, Brielle dan Kyrie diletakkan di inkubator yang berbeda. Namun, hanya Kyrie yang mampu survive dari keadaannya.
Brielle mengalami sebuah kondisi yang lebih parah, beratnya saja tidak sampai satu kilogram. Ia juga memiliki masalah dengan irama jantung yang sangat lemah. Berbagai tindakan medis dilakukan, namun Brielle tetap yang paling lemah, tubuhnya kebiruan akibat terlalu banyak menangis.

Seorang perawat yang membantu penanganan Brielle pernah mendengar bahwa ada sebuah teknik langka yang dilakukan di Amerika yaitu 'double bedding'. Dengan menggunakan teknik ini, perawat yang bernama Gayle Kasparian itu meletakkan Kyrie di sisi Brielle dalam satu inkubator. Sesungguhnya ia benar-benar gambling melakukan hal tersebut. Namun keajaiban terjadi.

Perawat itu kemudian menutup pintu inkubator. Seketika Brielle meringkuk di dekat Kyrie yang tak ditemuinya semenjak mereka lahir karena dipisahkan dalam dua inkubator yang berbeda. Ada kemajuan yang sangat cepat ketika Brielle menyentuh Kyrie.


Dalam beberapa menit Brielle lebih tenang, oksigen dalam darahnya membaik. Kyrie juga terlihat meletakkan tangannya di sisi bahu Brielle, seolah merangkul saudara kembarnya itu. Hal ini ternyata memberikan keajaiban, tubuh Brielle membaik dan pulih dari waktu ke waktu. 

Kisah nyata ini terjadi pada tahun 1995 di bulan Oktober. Kini keduanya sudah tumbuh dewasa dan sehat. Namun foto saat mereka masih bayi dan mengagumkan dunia itu tetap menjadi salah satu kisah mengharukan yang sering dibicarakan. Orang-orang menyebut fenomena ini sebagai 'pelukan penyelamatan', karena pelukan dan sentuhan Kyrie memberikan efek yang luar biasa yang menyelamatkan saudara kembarnya. 

Tapi kita tidak perlu jadi kembar untuk bisa merasakan keajaiban pelukan. Suatu ketika anak yang Anda sayangi mengalami hari yang buruk dan mengerikan, peluklah ia karena itu memberinya kehangatan, harapan dan semangat yang baru untuk hidupnya di masa depan.


Ada Beberapa manfaat memberikan pelukan kepada anak di antaranya adalah sebagai berikut :
  1. Sentuhan dan pelukkan dari orang yang kita sayangi akan mampu untuk menaikkan dan meningkatkan jumlah hemoglobin darah.  Hemoglobin darah ini akan bisa meningkat manakala tubuh diberikan rangsangan dengan dipeluk dan sentuhan kasih sayang.
  2. Adapun fungsi hemoglobin adalah membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.  Bagian tubuh yang memerlukkan oksigen yang cukup adalah jantung dan otak.  Makanya ketika anak sedang sakit maka kita bisa memberikan pelukan agar kadar hemoglobinnya meningkat sehingga bisa membantu proses penyembuhan.
  3. Ternyata dengan pelukan memiliki banyak manfaat.  Terutama pelukan dari orang yang disayangi 4 kali pelukan terbukti ampuh untuk mengurangi tekanan yang dialami seseorang termasuk anak.  8 kali pelukan akan mampu untuk memulihkan dan menenangkan emosi serta akan bisa memberikan kestabilan emosi.  Sedangkan 12 kali pelukan bisa mempengaruhi kondisi psikologi seseorang khususnya anak.
  4. Rasa nyaman dan rasa bahagia dari pelukan merupakan faktor yang bisa meningkatkan perkembangan emosi anak dan mental anak.
  5. Dengan pelukan akan mampu memberikan ketenangan dan memberikan semangat kembali kepada orang yang sudah putus asa.  Selain itu dengan pelukan akan sangat membantu bagi anak yang sedang mengalami kesedihan untuk bergembira lagi dan melupakan kesedihannya.
  6. Dengan pelukan akan memberikan stimulasi kepada otak sehingga daya kecerdasan anak akan semakin meningkat.  Anak-anak yang rutin dan sering mendapatkan pelukan dari orang tuanya akan lebih siap untuk menunjukkan kemampuannya baik itu di sekolah ataupun ketika anak sedang di rumah.
  7. Dengan pelukan akan membantu meningkatkan semangat belajar anak.  Sisipkanlah pesan-pesan lembut kepada anak manakala sedang memeluk anak.
  8. Manfaat pelukan untuk anak yaitu akan mampu untuk membentuk mereka untuk menjadi pemimpin.  Untuk bakat dan kemampuan anak memimpin bisa kita lihat manakala anak sudah memasuki usia 9 tahun.
  9. Memberikan pelukan kepada anak tidak memerlukan biaya yang mahal.  Yang terpenting adalah memberikan waktu dan perhatian.  Seringlah untuk memeluk anak agar anak bisa merasakan kasih sayang dan perhatian orang tuanya.  Materi saja tidak cukup, tapi kebutuhan jiwa anak juga perlu diperhatikan.
  10. Kita sebagai manusia biasa hanya bisa berdoa dan berikhtiar. Termasuk dalam mendidik anak. Untuk mendidik anak yang shaleh dan shaleha butuh kesabaran dan keuletan.  Pelukan kasih sayang dari orang tua merupakan kebutuhan anak dan akan memberikan banyak manfaat positif agar anak menjadi anak yang sehat dan anak yang cerdas.
Sumber : Vemale.com and al-maghribicendekia.com



21.43.00

0 komentar: