HARI INI UNTUK ANAK INDONESIA HARAPAN

Selasa, 23 Juli 2013


Hari anak nasional tahun 2013 kembali menjadi titik tolak bagi kita untuk memikirkan perkembangan dan kehidupan anak Indonesia menjadi anak harapan. Walaupun kita menyadari semua harapan kadang tidak bisa dipenuhi seluruhnya masih banyak hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan. Demikian juga dengan anak Indonesia, di hari anak yang sudah diadakan selama 24 tahun, dimulai sejak dicanangkan oleh Presiden Suharto tahun 1986, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor.44/1984 tentang Hari Anak Nasional, ternyata belum banyak memberikan dampak yang besar untuk anak Indonesia, dan “orang tua” belum memberikan hadiah yang berarti untuk anak-anaknya.
Perayaan Hari Anak Nasional perlu lebih dimaknai lebih dalam, memang tidak secara otomatis akan merubah kondisi kehidupan anak yang buruk menjadi baik, karena tentu saja hal tersebut tidak semudah membalikan telapak tangan, memerlukan proses yang panjang dan penuh kesadaran bagi kita semua.

Perayaan Hari Anak Nasional harus menjadi momentum sebuah gerakan peduli terhadap anak Indonesia. Sebuah gerakan yang membangun kesadaran dan kepedulian bangsa Indonesia untuk memperhatikan, mencintai, dan mengasihi anak dengan sungguh-sungguh.


Profil Anak Indonesia Harapan

Pembangunan PAUD adalah upaya sadar dan komitmen untuk mewujudkan anak Indonesia sesuai harapan (AIH). Anak Indonesia Harapan memiliki sepuluh ciri utama (dasa citra anak Indonesia) yaitu: 1) beriman dan 2) Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, 3) berakhlak mulia, 4) sehat, 5) cerdas, 6) jujur, 7) bertanggung Jawab, 8) kreatif, 9) percaya diri, dan 10) cinta tanah air.

Keseluruhan upaya pembangunan PAUD ditujukan untuk mewujudkan sepuluh ciri tersebut pada setiap anak Indonesia. Melekatnya sepuluh ciri utama (dasa citra) merupakan dasar untuk mengantarkan anak siap mengikuti pendidikan lebih lanjut dan siap memasuki lingkungan lebih luas. Lebih jauh menjadi fundamen terpenuhinya SDM Indonesia berkualitas dan komponen investasi pembangunan bangsa.



08.45.00

0 komentar: