Home » » MENGENAL SEKILAS SENTRA DI PAUD

MENGENAL SEKILAS SENTRA DI PAUD

Written By asolihin skb on Selasa, 02 April 2013 | 10.46

Apa itu sentra ? demikian pertanyaan banyak orang, termasuk para orang tua ketika melihat lembaga Paud tempat anak mereka melaksanakan pembelajaran dengan metode sentra ini. Ketika awal diperkenalkan banyak orang tua yang masih belum bisa memahami bahkan tidak menerima cara belajar anak mereka dengan metode sentra ini, orang tua masih beranggapan cara belajar konvensional masih yang terbaik, sentra mereka anggap  tidak berguna, hanya membuang-buang waktu anak, bermain-main, dan tidak membuat anak belajar. Pemahaman yang keliru para orang tua inilah yang menjadi salah satu penyebab lembaga-lembaga paud di Indonesia, terutama yang ada di daerah pedalaman, enggan dan ragu-ragu untuk melaksanakan sentra di lembaga mereka, karena mereka takut para orang tua anak tidak bisa menerima metode pembelajaran sentra yang akan mereka lakukan.

Pemahaman keliru masyarakat dan orang tua itu bertolak belakang dengan pentingnya metode belajar dengan sentra ini. Sentra sendiri adalah kegiatan belajar yang sesuai dengan karakterisitik dan perkembangan anak. Tidak seperti metode konvensional tradisional yang selama ini dilaksanakan di banyak lembaga Paud yang kebanyakan menjejali anak dengan aksara dan angka yang didril terus menerus yang mengakibatkan anak kehilangan masa-masa penting sesuai usia mereka sebagai anak-anak yang perlu bermain, bergembira dan mengekplorasi lingkungan yang penuh pengetahuan. Selama ini anak yang didrill, dijejali, dipaksa, belajar hapalan, aksara dan angka dengan  berakibat anak akan bosan belajar, sehingga kelak begitu mereka berada disekolah lanjutan kebosanan ini mungkin dapat meningkat menjadi kemalasan belajar yang sangat parah.

Sentra menurut Rebecca Isbel  sesuai bagi pembelajaran anak karena :
  1. Sentra sebagai representasi dari dunia dan pikiran anak
  2. Sentra yang efektif didesain untuk menghubungkan dunia anak sebagai pembelajar yang aktif, dengan dunia yang diketahuinya, karena itu perlu dirancang untuk memotivasi anak untuk terlibat di dalamnya
  3. Sentra merupakan aplikasi dari pembelajaran terintegrasi (integrated learning)
  4. Setiap sentra didukung dengan alat dan bahan main yang dapat digunakan anak sesuai dengan gagasannya.
  5. Sentra sangat fleksibel karena dapat dibuka di dalam maupun di luar ruangan.

Jadi mengapa sentra itu bagus dan penting? karena metode pembelajaran anak usia dini dengan sentra ini dikembangkan berdasarkan penelitian dan didukung teori yang sesuai dengan pendidikan dan perkembangan anak.

Disentra anak dapat:
  1. Mengembangkan rasa percaya diri dan melatih kemampuan dalam mengatasi permasalahannya
  2. Mencoba, bereksplorasi, mengembangkan gagasan, dan menata ulang apa yang seharusnya terjadi menurut pemahamannya.
  3. Mengembangkan rasa tanggungjawab terhadap alat dan bahan main yang digunakan
  4. Membangun kemampuan bekerjasama, interaksi sosial yang lebih intensif dibanding dalam kelompok besar.
 Jadi...Bunda...Ayah...Jangan ragu-ragu dan takut ya...di sentra Ananda belajar...kok.!!


Baca juga : Mengenal Konsep Dasar Sentra BCCT;

Share this article :

0 komentar:

KOTAK PENCARIAN

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR DAN BERKEMBANG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger